Unduh Aplikasi

4 Orang Positif Covid-19, Puluhan Warga Aceh Barat Jalani Rapid Test

4 Orang Positif Covid-19, Puluhan Warga Aceh Barat Jalani Rapid Test
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT - Petugas kesehatan dari Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan CoronaVirus Disease (Covid-19) Kabupaten Aceh Barat melakukan rapid test terhadap puluhan warga Desa Gunong Kleng, Kecamatan Meureubo.

Baca: Positif Corona, Satu Keluarga di Aceh Barat Tolak Dijemput Tim Gugus Tugas

Rapid test atau uji anti bodi terhadap IgG dan IgM dilakukan setelah empat warga dari Jakarta Timur dinyatakan postif Covid-19 hasil usab liur dan hidung atau swab dari Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Balitbangkes Aceh.

Empat warga yang dinyatakan positif Covid-19 itu merupakan keluarga yang terdiri dari pasangan suami istri serta anak-anaknya. Mereka datang ke Aceh Barat, guna merayakan hari raya Idul Adha dan menginap di rumah keluarga mereka di Desa Gunong Kleng.

Sekretaris harian Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Aceh Barat, Irsadi Aristora mengatakan, saat ini warga Desa Gunong Kleng yang menjalani rapid test berjumlah 24 orang.

"Ada dua puluh empat orang yang di rapid test mereka merupakan warga Gunong kleng yang pernah kontak dengan pasien Covid," kata Irsadi, Sabtu, (1/8).

Dikatakannya, mereka yang di-rapid test tersebut sebelumnya mendatangi tim gugus dan menyampaikan secara jujur pernah kontak langsung dengan pasien tersebut.

Selain rapid test, kata dia, pada Senin ini mereka juga akan melakukan usab liur dan hidung untuk dilakakan test PCR guna memastikan positif atau negatif terpapar Covid-19.

"Ada desa lain yang pernah di kunjungi oleh mereka yang juga akan kita lakukan rapid. Kabarnya di Marek disana satu keluarga pernah dikunjungi oleh empat pasien ini," ungkapnya.

Selain dilakukan rapid test, Desa Gunong Kleng juga dilakukan penyemprotan disinfektan dengan radius lima ratus meter dari rumah pasien.

Komentar

Loading...