Unduh Aplikasi

4.649 Jamaah Haji Sudah Tiba di Aceh,  Dua Masih Dirawat di Arab Saudi

4.649 Jamaah Haji Sudah Tiba di Aceh,  Dua Masih Dirawat di Arab Saudi
Jamaah Haji kloter 12 saat tiba di Bandara SIM. Foto: Ist

BANDA ACEH - Seluruh jamaah haji Aceh 2019 sudah kembali dari tanah suci Mekkah. Dari jumlah 4.666 jamaah yang berangkat, hanya dua orang yang masih berada di Arab Saudi karena sedang menjalani perawatan. 

Jamaah kloter terakhir (12) mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang sejak pagi tadi, Minggu (15/9) sekitar pukul 04.50 WIB. 

Jamaah kloter 12 ini berasal dari 18 kabupaten/kota di Aceh, seluruhnya berjumlah 367 orang  berangkat ke Arab Saudi. Namun, yang kembali hanya 359 orang. Empat orang meninggal dunia, empat jemaah sudah pulang bersama kloter lain.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Aceh, H M Daud Pakeh menyebutkan, total keseluruhan jamaah haji yang kembali itu sebanyak 4.649 orang, setelah dikurangi 15 jamaah meninggal dunia disana dan dua orang yang masih dirawat tersebut. 

"Jumlah berangkat dulu 4.666 jamaah, yang wafat di Arab Saudi 15 jamaah, dan dua sedang menjalani perawatan di Mekkah. Jadi total yang sudah kembali ke Aceh sebanyak 4.649 jamaah," kata Daud Pakeh kepada wartawan, di Bandara SIM saat menjemput kepulangan jamaah kloter terakhir. 

Daud Pakeh menyampaikan, dua jamaah yang masih dirawat tersebut hingga saat ini tidak mendapatkan izin dari dokter disana, karena memang kondisinya belum layak terbang. 

"Mereka belum layak terbang untuk saat ini. Setelah mendapatkan izin nanti, akan dipulangkan sekalian dengan jamaah dari daerah lain," terangnya. 

Seperti diketahui, jamaah haji Aceh yang masih diwarat di Arab Saudi itu yakni, Aminah Muhammad Aji (61) merupakan jamaah dari Aceh Utara, tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 6 harus dimutasi dan pulang bersama kloter 12 karena masih dirawat di Rumah Sakit (RS) Al Ansaar, Madinah pasca rawatan karena infeksi paru-paru, juga menderita hipertensi, darah manis dan kepikunan.

"Rencananya, Aminah akan dievakuasi langsung oleh tim medis Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) ke Prince Mohammad bin Abdul Aziz (MED) dan pulang ke tanah air jam 16.45 Waktu Arab Saudi (WAS)," ujarnya.

Sedangkan Mat Budin (99) berasal dari Aceh Tamiang. Jamaah tertua se-Aceh ini tergabung dalam kloter 7. Ia dirawat di RS King Faisal sejak 18 Agustus lalu karena didiagnosa radang paru-paru kronis (COPD), gagal ginjal kronis (CKD) dan detak jantung yang tidak teratur. 

"Mat Budin masih belum direkomendasikan pulang karena masih tidak sadar. Saat ini ia sedang dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) RS King Faisal dengan alat bantu pernapasan dan pemasangan selang nasogastrik (NGT)," terang Daud Pakeh.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...