Unduh Aplikasi

381 Perempuan di Aceh Jaya Ikut Program KB

381 Perempuan di Aceh Jaya Ikut Program KB
Petugas Kesehatan yang didampingi personil Kodim 0114/Aceh Jaya mendatangi rumah peserta KB. Foto: For AJNN

ACEH JAYA - Sebanyak 381 perempuan produktif di Kabupaten Aceh Jaya mengikuti program pelayanan Keluarga Berencana (KB) yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMPKB) Aceh Jaya, Senin (29/6).

Pemberian pelayan keluarga berencana yang bekerjasama dengan Kodim 0114/Aceh Jaya ini dilakukan secara serentak yang dipusatkan di Puskesmas Indra Jaya serta di RSUD Teuku Umar bersama 12 Puskesmas lainnya se Aceh Jaya.

Kepala DPMPKB Aceh Jaya, Teuku Reza Fahlevi mengatakan jika pemberian pelayanan keluarga berencana ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) yang ke 27 tahun 2020.

"Tadi kami ikut mensukseskan 1 juta akseptor seluruh indonesia dalam rangka memperingati HARGANAS yang ke 27 tahun 2020 di Kabupaten Aceh Jaya," kata Reza kepada AJNN.

Menurut Reza, jika HARGANAS dalam tahun ini ditargetkan sebanyak 1 juta akseptor (perempuan yang ikut KB) se nasional. Sedangkan yang dibebankan untuk Aceh Jaya minimal ada 24 orang calon akseptor.

"Yang dibebankan hanya 24 orang, namun yang terealisasi sebanyak 381 orang," ungkap Reza.

Sementara jenis pelayanan KB yang di layani adalah IUD, Implant, MOW, Suntik, Pil dan Kondom. Sedangkan yang paling banyak mengikuti KB ada di kecamatan Darul Hikmah sebanyak 99 orang.

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Dandim 0114 Aceh Jaya, Direktur RSUD Teuku Umar, para Kepala Puskesmas serta petugas KB, PLKB, PPKBD dan pihak lainya yg telah mendukung mensukseskan agenda nasional ini," pungkas Reza.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0114/Aceh Jaya Kapten Inf Hendri Sanova mengatakan jumlah masyarakat Aceh Jaya yang ikut berpartisipasi dalam pelayanan KB ini sebanyak 381 orang akseptor dan angka ini jauh melebih target awal sebanyak 121 orang akseptor.

“Peringatan Hari keluarga Nasional berupa pelayanan KB Kesehatan mendapatkan respon positif dan antusias warga calon peserta baru hal ini dapat dilihat dari jumlah peserta akseptor terutama bertambahnya minat dari kaum suami,” kata Kapten Inf Sanova.

Sanova menjelaskan selain pelayanan KB yang dilakukan di RSUD Teuku Umar serta di 13 Puskesmas yang tersebar di setiap kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya itu juga dilakukan pelayan dengan cara door to door ke rumah warga peserta akseptor oleh Bidan yang didampingi Babinsa.

Secara terpisah, Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat, M.Han menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dengan baik sehingga acara pelayanan KB Kesehatan ini dapat berjalan sesuai harapan.

“Sangat menggembirakan, kesadaran masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti KB. Ini semua tercapai atas kerjasama yang baik oleh semua pihak, terimakasih atas perhatian Bupati, kepala dinas terkait, Muspika dan segenap masyarakat Aceh Jaya yang sangat luar biasa,” pungkas Dandim.

Komentar

Loading...