Unduh Aplikasi

38 Pekerja Asal China Tiba di Nagan Raya

38 Pekerja Asal China Tiba di Nagan Raya
Para pekerja asal China tiba di Nagan Raya melalui Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya. Foto: Dok AJNN

ACEH BARAT - Sebanyak 38 Warga Negara Asing (WNA) asal China tiba di Nagan Raya untuk bekerja di proyek Pembangkit Listrik Tanaga Uap (PLTU) 3 dan 4.

Para TKA asal China itu tiba di Nagan Raya sekira pukul 11.30 WIB menggunakan pesawat Wings Air, melalui Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, setelah melakukan penerbangan dari Bandara Sukarno-Hatta, Tanggerang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Nagan Raya, Rahmatullah membenarkan kedatangan 38 TKA asal China tersebut.

"Benar. Saat ini mereka tiba tadi pukul 11.30 dari Bandara Cut Nyak Dhien. Sebelum bekerja di PLTU 3 dan 4 mereka jalani isolasi mandiri dulu sesuai protokol kesehatan Covid-19," kata Kadisnakertrans Kabupaten Nagan Raya, Rahmatullah, Jumat (28/8).

Dikatakan Rahmat, seluruh TKA asal China itu sedang sudah berada di salah satu hotel di Nagan Raya, dan kemungkinan akan menjalani isolasi mandiri disana.

Selain itu, kata dia, saat ini pihaknya juga sudah meminta kepada Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Provinsi Aceh untuk melakukan pemeriksaan dokumen izin kerja.

"Karena wewenang izin kerja merupakan tanggung jawab provinsi maka kami sudah minta kan Disnakermob Provinsi. Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan dokumen administrasi menyangkut izin kerja," kata dia.

Jika nantinya apa yang menjadi syarat tersebut tidak terpenuhi, maka ada atau tidak sanksinya menjadi tanggung jawab Disnakermob Aceh. Biasanya, kata dia, jika tidak melengkapi izin para TKA itu akan dikeluarkan dari Aceh.

"Saat ini pihak Kantor Imigrasi Non TPI Kelas II B Meulaboh, juga telah berada tempat para TKA tersebut menginap untuk dilakukan pemeriksaan dokumen administrasi berupa Kartu Izin Tinggal dan lainnya," ungkapnya.

Komentar

Loading...