Unduh Aplikasi

35 Hektar Lahan Gambut di Woyla Barat Terbakar

35 Hektar Lahan Gambut di Woyla Barat Terbakar
Ilustrasi kebakaran lahan gambut. Photo: WWF Indonesia

ACEH BARAT - Seluas 35 hektar lahan gambut yang diapit antara PT Prima Aceh Agro Lestari (PAAL), Desa Napai, serta Blang Cot Rubek, Kecamatan Woyla Barat, Kabupaten Aceh Barat terbakar. Peristiwa kebakaran yang lokasinya lebih dekat dengan gampong Napai, itu terjadi sejak Minggu, (7/7) lalu.

Peristiwa kebakaran diketahui oleh petugas Pemadaman Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saat para petugas sedang melaksanakan pratroli di kawasan tersebut, pada pukul 12.11 WIB.

Kepala BPBA, Teuku Ahmad Dadek, mengatakan berdasarkan laporan dari BPBD Kabupaten Aceh Barat petugas menemui kesulitan dalam melakukan pemadaman di lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tersebut.

"Untuk lokasi gampong Napai dan PT. PAAL jarak tempuh ke lokasi sangat jauh lebih kurang empat kilometer berjalan kaki ke lokasi, sehingga api sulit dipadamkan," kata Teuku Ahmad Dadek, Senin, (8/7)

Untuk Lokasi PT. PAAL, kata dia, berada di Kecamatan Arongan Lambalek yang bersambung dengan Desa Napai. Hingga saat ini, kata dia, masih ada titik api dan petugas terus melakukan pemantauan terhadap karhutla tersebut.

Bedasarkan koordinasi yang dilakukan para petugas pemadam kebakaran dengan Kepala Desa, kata dia, saat ini api yang berdekatan dengan wilayah pemukiman mulai padam.

Selain di Napai, Blang Cot Rubek titik api juga ditemukan di Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan. Di Desa Seuneubok, kebakaran lahan mencapai 10 hektar, bahkan saat ini jarak kebakaran di daerah itu telah mendekati pemukiman warga. Total lahan gambut yang terbakar di Aceh Barat mencapai 45 hektar.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...