Unduh Aplikasi

27 Ribu Lebih Masyarakat Aceh Utara Belum Miliki e- KTP

27 Ribu Lebih Masyarakat Aceh Utara Belum Miliki e- KTP
ACEH UTARA – Hingga Agustus 2016, distribusi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) untuk 27 ribu pemohon di Aceh Utara belum juga tersalurkan.Hal itu menyusul terjadinya kekosongan blanko di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat, sejak awal Ramadan lalu.

“Pelayanan pembuatan e-KTP saat ini masih terkendala blanko dari pusat, distribusi blanko e-KTP masih tersendat dan terjadi hampir di seluruh Indonesia termasuk Aceh Utara," kata Kepala Disdukcapil Aceh Utara Muhammad Zulfadli, kepada AJNN, Senin (1/8).

Kata dia, semenjak diberlakukan wajib e-KTP pada 2013 lalu, jumlah penduduk di Kabupaten Aceh Utara telah mengantongi KTP eletronik, sebanyak 331.400 jiwa dari jumlah penduduk wajib KTP 452,326 jiwa. Dari jumlah tersebut sebanyak 93,254 pendduduk di daerah itu belum melakukan perekaman.

“Jumlah warga yang telah melakukan perekeman e-KTP 359.072 jiwa. Namun yang telah tersalurkan 331,400 dan di sini ada 93,254 belum merekam KTP elektronik,” jelasnya.

Meskipun kekosongan blangko terjadi beberapa bulan silam, pelayanan di Dinas Disdukcapil tetap berjalan lancar. Pihaknya berharap distribusi blanko e-KTP segera disalurkan pemerintah pusat.

“Untuk antispasi kekosongan blangko kita menerbitkan surat keterangan dari Disdukcapil bagi masyarakat yang belum memiliki e-KTP. Walaupun berbentuk surat keterangan namun fungsinya sama Seperti KTP tidak ada bedanya, bisa digunakan untuk keperluan kepengurusan adminitrasi,” tuturnya.

Komentar

Loading...