Unduh Aplikasi

26.382 Pelamar CPNS Kemenkumham Aceh Perebutkan Kouta 93 Orang

26.382 Pelamar CPNS Kemenkumham Aceh Perebutkan Kouta 93 Orang
Pelamar CPNS mengikuti pengukuran tinggi badan dan verifikasi kelengkapan data. Foto; AJNN/Tommy.

BANDA ACEH - Sebanyak 26.382 pelamar CPNS memperebutkan kuota 93 kursi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Aceh untuk tamatan SMA sederajat.

Peserta CPNS yang sudah mendaftarkan melalui online dan lulus administrasi mulai mengikuti seleksi berupa pengukuran tinggi badan dan verifikasi data di stadion Dimurthala Banda Aceh, Rabu  (18/12).

Kakanwil Kemenkumham Aceh, Lilik Sujandi melalui Kadiv Administrasi, Rudi Hartono menyebutkan pelaksanaan seleksi pengukuran badan dan verifikasi keaslian kelengkapan data calon pelamar dilaksanakan lima hari, mulai 16 hingga 20 Desember 2019. 

"Jumlah calon pelamar CPNS dilingkungan Kemenkumham Aceh 2019 sebanyak 32.869 dari jumlah tersebut, 26.382 diantaranya lulus administarasi secara online," kata Rudi, Selasa (18/12). 

Rudi juga menyebutkan batas minimal tinggi badan untuk pelamar perempuan 155 centimeter sementara laki-laki 160 centimeter, pelamar yang tinggi badan tidak sesuai dengan ketentuan tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

"Kalau pelamar tidak cukup tinggi badan seperti yang ditentukan maka yang bersangkutan tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya," sebut ketua Panitia Daerah CPNS Kemenkumham Aceh.

Ia menyebutkan, tahun 2019 Provinsi Aceh mendapatkan kuota 93 orang lulusan SMA sederajat yang akan ditempatkan sebagai penjaga tahanan atau sipir dan pemeriksa keimigrasian. 

"Untuk sipir sebanyak 79 orang dan untuk posisi pemeriksa keimigrasian sebanyak 14 orang," katanya.

Setelah mengikuti seleksi pengukuran tinggi badan dan verifikasi berkas, lanjut Rudi, pelamar yang lulus akan megikuti tahap selanjutnya yakni tes Computer Assisted Tes (CAT).

"Jika pelamar lulus CAT, mereka akan mengikuti tes wawancara serta tes kesamaptaan bagi yang lulus wawancara. Nilai tertinggi menjadi penentu kelulusan," jelasnya.

Dalam pelaksanaan seleksi tes CPNS tahun ini, lanjut Rudi, Kemenkumham  Aceh menjamin dan memastikan seleksi CPNS berlangsung objektif dan transparan. Pihaknya juga mengandeng dari kalangan eksternal untuk mengawasi seleksi CPNS tidak terjadi kecurangan serta bebas dari KKN. 

"Semua panitia seleksi sudah menandatangani komitmennya melaksanakan penerimaan CPNS secara transparan, objektif dan bebas KKN. Seleksi ini juga tidak dipungut biaya," ungkap Rudi. 

Komentar

Loading...