Unduh Aplikasi

253 Narapidana Rutan Kelas II B Kajhu Diusul Remisi

253 Narapidana Rutan Kelas II B Kajhu Diusul Remisi
Napi Rutan Kajhu ikut lomba terompah, memeriahkan HUT RI ke 71, Senin (16/8). Foto: Arman Konadi
BANDA ACEH - Sebanyak 253 narapidana di Rumah Tahanan Kelas II B Banda Aceh diusul mendapat remisi umum I atau pengurangan masa tahanan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 71 yang jatuh Selasa besok. Sementara itu untuk Aceh, sebanyak 3.477 orang narapidana di seluruh Lembaga Permasyarakatan dan Rumah Tahanan mengapat pengurangan tahanan.

"Untuk Rutan Kelas II B ini, remisi umum yang kami ajukan ada 253 orang. Jika memang dipenuhi pusat maka tiga diantaranya langsung bebas pada 17 Agustus nanti," kata Kepala Rumah Tahanan Kelas II B Kajhu, Fahyudi SH kepada AJNN, Senin (16/8)

Meski demikian, Fahyudi belum dapat memastikan apakah remisi yang diusulkan kepada 253 napi tersebut akan dipenuhi. Pasalnya dirinya belum menerima surat kepastian jumlah napi yang menerima remisi.

"Itu nanti diumumkan saat peringatan HUT RI, tapi informasi awal yang kami terima, di Aceh ada 3.477 orang yang menerima remisi umum I dan remisi umum II. 63 diantarannya langsung bebas 17 Agustus nanti," kata Fahyudi.

Lebih lanjut Fahyudi mengatakan over kapasitas menjadi masalah utama di Rutan Kajhu dan seluruh rutan maupun Lapas di Tanah Air. Rutan Kelas II B Kajhu yang berkapasitas 250 saat ini dihuni 489 orang warga binaan.

"Saya rasa tidak hanya di Rutan Kelas II B Kajhu tapi over kapasitas menjadi permasalahan utama saat ini. Kalau dari sisi keamanan antisipasi yang kami lakukan menghadapi kondisi ini dengan meminta bantuan pengamanan kepada TNI atau Polri," kata Fahyudi.

Komentar

Loading...