Unduh Aplikasi

23 Ribu Lebih Warga Singkil Belum Miliki e-KTP

23 Ribu Lebih Warga Singkil Belum Miliki e-KTP

ACEH SINGKIL - Lebih dari 23 ribu dari total 83.987 penduduk Kabupaten Aceh Singkil yang wajib KTP belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik, warga pun diimbau untuk segera melakukan perekaman data.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil melalui Kabid Kependudukan Syamla, Kamis (10/11). Menurutnya data tersebut berdasarkan perekaman KTP-el sejak Agustus hingga Oktober 2016 lalu.

"Sebagai syarat masuk dalam Daftar pemilih masyarakat harus memiliki e-KTP, minimal sudah melakukan perekaman, untuk itu kita harap bagi yang belum punya e-KTP agar segera melakukan perekaman, yang sudah itu baru 60.245 atau 74 persen lebih sisanya belum," jelas Syamla.

Untuk blangko pembuatan e-KTP dan KK memang sejak Oktober lalu kosong, namun kata Syamla, sesuai Surat Keputusan Menteri Dalam Negri Nomor: 471.13/11691/DUKCAPIL, tertanggal 3 November 2016, warga yang telah melakukan perekaman e-KTP akan diberikan surat keterangan atau KTP sementara.

"Sesuai SK tersebut, surat keterangan atau KTP sementara itu sah dipergunakan untuk masuk dalam Daftar Pemilih Tetap, sehingga warga tidak perlu khawatir, yang penting sudah melakukan perekaman, blangkonya sendiri Desember baru tersedia, di situ nanti baru dicetak KTP-nya," kata Syamla.

Disisi lain, Komisi Independen Pemilihan setempat akan menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2017 pada 6 Desember 2016 mendatang.

Komentar

Loading...