Unduh Aplikasi

2164, kehidupan di bumi bakal musnah?

2164, kehidupan di bumi bakal musnah?
Ka
Ahli astrofisika asal Rusia bernama Vladimir Lipunov baru-baru ini mengonfirmasi temuan asteroid raksasa yang bergerak menghampiri Bumi. Menurut profesor di Moscow State University tersebut, dalam karya dokumenter pendek yang diunggah ke website Russian Space Agency, Asteroid berdiameter 370 meter itu bakal meluluhlantakan bumi dan seisinya.

Asteroid tersebut memiliki diameter seluas lima kali lapangan sepakbola. Benda itu melintas tiga tahun sekali di orbit Bumi. Sejumlah bukti akibat hantaman Asteroid, di antaranya, adalah kepunahan dinasaurus pada 67 juta tahun silam.

Sebelumnya pada 2013, ledakan meteor memiliki besar yang sama dengan bus sekolah mengakibatkan hancurnya bangunan dan memecahkan kaca-kaca di sekira lokasi jatuhnya meteor tersebut.

Bahkan, pada 2008, Indonesia pernah mengalami hal serupa seperti di luar negeri. Ketika itu asteroid berukuran kecil menabrak dataran Indonesia, tepatnya di Perairan Bone.

Meski demikian, menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan) Thomas Djamaluddin, apabila hal serupa terjadi lagi, tidak akan dalam waktu dekat.

“Dari perhitungan NASA kemungkinan bertabrakannya asteroid dengan orbit Bumi ini bukan dalam waktu dekat, melainkan 150 tahun mendatang,” ujar Thomas Djamaluddin kepada Okezone, Jumat (12/12/2014).

Ia menambahkan bahwa itu merupakan asteroid baru yang ditemukan oleh astronom Rusia. Lalu menurut perhitungan awal, mengisyaratkan kemungkinan orbit asteroid tersebut akan berpapasan dengan orbit Bumi bukan dalam waktu dekat.

Bila hal itu benar terjadi, tentu memiliki dampak yang luar biasa bagi kelangsungan hidup manusia, dan akan menimbulkan kehancuran kehancuran di Bumi yang sifatnya global. “Kehancuran global ini bisa menyebabkan seluruh kehidupan di Bumi akan punah,” jelasnya.

OKEZONE

Komentar

Loading...