Unduh Aplikasi

21 Orang di Kapal Pesiar Princess Cruise Positif Virus Corona

21 Orang di Kapal Pesiar Princess Cruise Positif Virus Corona
Ilustrasi. Sekitar 19 penumpang dan satu orang awak kapal pesiar Princess Cruise positif terinfeksi corona. (Foto: Dok. Princess Cruises)

AMERIKA SERIKAT - Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence mengumumkan 21 orang dengan 20 penumpang dan seorang kru dalam kapal pesiar Princess Cruise positif terinfeksi virus corona (Covid-19) yang sedang berada di perairan California.

Pence mengatakan sekitar 3.533 penumpang dan kru akhir pekan ini akan melalui tahap tes kesehatan saat merapat di dermaga non-komersial.

"Kami akan mengetes semua orang di dalam kapal dan mengkarantinanya jika dirasa perlu," ujar Pence yang ditunjuk sebagai juru bicara virus corona oleh Presiden Donald Trump dalam konferensi media, Jumat (6/3).

"Sebagai upaya antisipasi, sekitar 1.100 awak kemungkinan akan dikarantina di kapal," kata Pence menambahkan.

Mengutip AFP, Pence meyakini jumlah kru yang terinfeksi banyak karena mereka kemungkinan terinfeksi karena kontak langsung dengan para penumpang dan ada dua acara yang diselenggarakan di atas kapal.

Saat ini seluruh penumpang tetap diminta untuk berada di kamar masing-masing sambil menunggu kabar tentang nasib kapal.

Kapal pesiar ini tengah berlayar dari Hawaii menuju San Fransisco ketika hasil tes 46 orang penumpang pada Rabu (4/3) menunjukkan ada gejala terinfeksi virus corona. Sehari setelahnya, helikopter militer menurunkan tes kit untuk mengambil sampel uji kesehatan yang akan dianalisis di laboratorium negara.

Departemen Kesehatan AS mengatakan pengujian kesehatan terhadap orang-orang di kapal pesiar dilakukan setelah seorang penumpang pada penerbangan sebelumnya dinyatakan meninggal pada Februari lalu karena terinnfeksi virus corona.

Dalam beberapa hari terakhir, pejabat kesehatan mengatakan setidaknya 10 orang lainnya dalam perjalanan yang sama juga terinfeksi corona. Beberapa penumpang diminta untuk tetap berada di atas kapal untuk menekan pemaparan virus corona terhadap kru.

Pihak manajemen Princess Cruise mengatakan dokter yang ditempatkan di kapal akan mengeluarkan hasil tes kesehatan terhadap kru dan penumpang setelah mendapat konfirmasi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Hingga Sabtu (7/3) Amerika Serikat mencatat lebih dari 300 orang di 29 negara bagian telah terinfeksi corona. Sekitar 17 orang diketahui meninggal akibat Covid-19.

Virus serupa SARS tersebut dilaporkan telah menginfeksi lebih dari 100 ribu orang di 91 negara secara global. Berdasarkan informasi WHO, jumlah korban meinggal mencapai 3.407 orang dan lebih dari 54 ribu dinyatakan sembuh.

Iklan Pemutihan BPKB- Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...