Unduh Aplikasi

200 WNA Kantongi Izin Tinggal di Aceh

200 WNA Kantongi Izin Tinggal di Aceh
ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Sebanyak 200 Warga Negara Asing (WNA) telah mengantongi izin tinggal terbatas (Itas) maupun izin tinggal tetap (Itap) di Provinsi Aceh.

Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham Aceh, Herdaus mengatakan 200 WNA tersebut tersebar di enam kantor imigrasi di Aceh yakni kantor imigrasi Banda Aceh sebanyak 49 orang, Lhoksemawe 66 orang, Langsa 3 orang, Sabang 7 orang, Meulaboh 13 orang dan wilayah kantor Imigrasi Takengon 62 orang

"Untuk pemegang izin tinggal terbatas ada 187 orang dan pemegang izin tinggal tetap 13 orang, mereka tetap tinggal seperti biasa di Aceh," katanya, Jumat (3/4).

Terkait Peraturan Menkumham nomor 11 Tahun 2020 tentang pelarangan sementara orang asing masuk ke wilayah NKRI terutama di Aceh, pihaknya tetap menjalankan peraturan tersebut dengan melakukan pengawasan.

"Pemerintah telah melarang orang asing masuk ke Indonesia kecuali orang asing pemegang izin tinggal terbatas, izin tinggal tetap, pemegang izin tinggal diplomatik, visa dinas diplomatik, mereka yang datang dalam misi kemanusiaan," ungkapnya.

Persyaratan orang asing yang dapat pengecualian larangan tersebut, kata Herdaus harus ada surat keterangan sehat dalam bahasa Inggris yang dikeluarkan oleh otoritas negara masing-masing, tidak berada di wilayah atau negara yang terjangkit pandemi covid 19 selama 14 hari terakhir dan wajib dikarantina yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia.

"Bagi WNA yang masuk ke Indonesia persyaratannya di perketat, jadi tidak sembarang masuk," ungkapnya.

Komentar

Loading...