Unduh Aplikasi

2.912 Warga Bener Meriah Mulai Terima Dana BST dari Kemensos

2.912 Warga Bener Meriah Mulai Terima Dana BST dari Kemensos
Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi didampingi Sekda Haili Yoga saat menyerahkan secara simbolis BTS kepada warga Bener Meriah. Foto: AJNN/Fauzi Cut Syam

BENER MERIAH - Kantor Pos Indonesia Simpang Tiga Redelong mulai hari ini, Selasa (12/5) mulai menyalurkan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk 2.912 Kepala Keluarga (KK).

Bantuan dalam bentuk uang tunai tersebut berjumlah Rp 600 ribu/bulan per KK selama 3 bulan untuk membantu warga masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19. Selain melalui PT Pos Indonesia Simpang Tiga, beberapa kantor Pos dan Bank BRI unit akan terus melakukan penyaluran mulai hari ini.

"Warga Bener Meriah yang sudah terdata dan mendapatkan pemberitahuan dari pihak terkait, saya anjurkan segera mendatangi tempat-tempat penyaluran BST tersebut," ujar Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi kepada AJNN usai menyerahkan secara simbolis BTS tersebut.

Bupati Sarkawi didampingi Sekda Haili Yoga dan sejumlah pihak terkait hadir di kantor Pos Simpang Tiga untuk memantau pelaksanaan penyaluran BST dan memberikan pemahaman kepada penerima bantuan tersebut.

"Selain ini nanti akan ada 865 KK juga akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Aceh. Kami masih menunggu penyalurannya. Bantuan ini juga untuk 3 bulan dalam bentuk sembako," ujar Sarkawi.

Pemkab Bener Meriah sendiri mencoba mengatur sedemikian rupa penyaluran bantuan, agar tidak tumpang tindih. Hal ini dilakukan agar lebih banyak warga yang mendapat bantuan tersebut, baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.

Sarkawi menyebutkan bahwa kegiatan hari ini merupakan penyaluran BST perdana. Untuk tahap awal ini ada beberapa kampung yang disalurkan yaitu, Kampung Babussalam, Paya Gajah dan kampung terdekat dengan kantor Pos Simpang Tiga

"Yang kami lakukan ini adalah penyerahan secara simbolis saja untuk beberapa warga masyarakat," sebut Sarkawi didampingi Sekda Haili Yoga.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Simpang Tiga, Win Gundala Putra mengatakan bahwa pihaknya siap untuk menyalurkan BTS untuk masyarakat Bener Meriah.

"Insyaallah kami dari pihak PT Pos Indonesia sudah terbiasa menyalurkan bantuan dari pemerintah, sehingga kami siap untuk itu," ujar Win Gundala Putra.

Pihak PT Pos Indonesia sendiri sudah membuat jadwal penyaluran, namun pihaknya belum mempublikasikan berapa orang setiap hari yang akan dilayani. Namun untuk wilayah kerja Simpang Tiga, petugas kantor Pos akan melayani tidak lebih dari 100 orang seti harinya, untuk menghindari kerumunan dan protokol pencegahan Covid-19.

Di Kabupaten Bener Meriah, PT Pos Indonesia mempunyai 4 kantor Pos. Selain di Simpang Tiga, mereka juga mempunyai kantor di Lampahan, Simpang Balek dan Janarata.

Komentar

Loading...