Unduh Aplikasi

2.500 Pasutri di Aceh Jaya Belum Punya Buku Nikah

2.500 Pasutri di Aceh Jaya Belum Punya Buku Nikah
Ketua Mahkamah Syari'ah Calang, Ibrahim Lubis. Foto: AJNN.Net/Suar

ACEH JAYA - Berdasarkan data hasil survei di lapangan dari Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Syariat Islam dan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Aceh Jaya, ada sekitar 2.500 pasangan suamu istri (pasutri) belum memiliki buku nikah di kabupaten setempat.

Ketua Mahkamah Syari'ah Calang, Ibrahim Lubis mengaku priatin terhadap masih banyaknya pasutri yang belum memiliki buku nikah. Pasalnya kedepan pasutri tersebut akan sulit mendapatkan adminitrasi gara-gara tidak punya buku nikah.

"Jika pasutri yang belum memilik buku nikah ini akan sulit mendapatkan administrasi seperti akte kelahiran anak dan juga jika anak mau masuk sekolah tidak bisa karena tidak punya buku nikah," jelas Ibrahim, Rabu (3/7).

Selain itu, tambah Ibrahim, faktor yang paling banyak masyarakat Aceh Jaya sehingga tidak memiliki buku nikah itu disebabkan karena konflik dan tsunami yang melanda Aceh tempo dulu.

"Penyebabnya karena dulu kan di Aceh Jaya salah satu kawasan yang dilanda tsunami dan konflik Aceh, jadi banyak pasangan yang menikah dimasa itu tidak punya buku nikah," ungkapnya.

Ia mengungkapkan kalau pasutri yang belum punya buku nikah itu paling dominan diantara usia 40 hingga 50 tahun. Sementara dari jumlah tersebut paling banyak pasutri yang belum punya buku nikah itu yaitu pasangan yang menikah pascatsunami.

"Kalau pasangan yang menikah saat konflik hanya ada sekitar sepertiga dari 2.500 pasutri," ungkapnya.

Komentar

Loading...