Unduh Aplikasi

19 Warga Bener Meriah Positif Covid-19, 13 Orang Tenaga Kesehatan

19 Warga Bener Meriah Positif Covid-19, 13 Orang Tenaga Kesehatan
Suasana RSUD Muyang Kute usai 12 orang staf rumah sakit positif Covid-19. Foto: AJNN/Fauzi Cut Syam

BENER MERIAH - Update terbaru Covid-19 di Kabupaten Bener Meriah sangat mengejutkan sejak kemarin sampai hari ini, Rabu (29/7), Dimana sudah ada 19 orang yang terkonfirmasi Positif Covid-19, 13 orang diantaranya merupakan Tenaga Kesehatan (Nakes).

Mereka adalah 12 orang yang bertugas di RSUD Muyang Kute dan satu orang yang bertugas di Puskesmas Simpang Tiga Redelong, Bener Meriah. Hal ini disampaikan oleh Direktur RSUD Muyang Kute, dr Sri Tabahhati.

"Semua orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut saat ini berada di tiga lokasi yaitu RSUD Muyang Kute, Balai Latihan Kerja (BLK) Pante Raya dan RSUDZA untuk dilakukan perawatan dan isolasi," ujar Sri Tabahhati dalam konferensi pers di Aula Sekdakab Bener Meriah.

Sri Tabahhati juga menjelaskan bahwa semua yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini akan dipilah-pilah untuk diisolasi dan dirawat. Untuk kondisi sakit akan dirawat di RSUD Muyang Kute, kalau kondisinya berat akan dirujuk ke RSUDZA, sedangkan yang tidak sakit akan diisolasi saja.

Sementara itu, Sekda Bener Meriah, Haili Yoga mengatakan ekses dari banyaknya nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka pihaknya akan menutup pelayanan kesehatan di RSUD Muyang Kute selama 14 hari kedepan untuk sterilisasi gedung dan ruangan.

"Apapun yang kami lakukan adalah kesepakatan bersama. Semua pelayanan di RSUD Muyang Kute ditutup selama 14 hari kedepan, untuk sterilisasi seluruh ruangan," ujar Haili Yoga.

Baca: Satu Bidan Positif Covid-19, Puskesmas Simpang Tiga Bener Meriah Ditutup

Akibat dari penutupan itu, maka pelayanan masyarakat yang akan berobat akan dialihkan ke salah satu puskesmas di Bener Meriah. Selain itu semua pasien rawat inap di RSUD Muyang Kute juga akan dipulangkan apabila menurut dokter yang menangani sudah sehat, kecuali pasien jiwa.

"Khusus IGD, pelayanan paling lambat tiga hari akan dibuka kembali. Jika ada kendala akan diberitahukan lebih lanjut," ujar Haili Yoga.

Ia mengatakan hal penting lainnya yang akan dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Bener Meriah adalah melakukan kontact tracing terhadap semua orang yang melakukan kontak dengan pasien dan melakukan isolasi terhadap mereka.

"Kami juga akan melakukan pembatasan terhadap beberapa kampung terkait pelaksanaan Salat Idul Adha nanti," ujar Haili Yoga didampingi sejumlah unsur Forkompinda Bener Meriah.

Pada waktu yang bersamaan, Kadis kesehatan Bener Meriah, Iswahyudi Haryono mengungkapkan ada enam kecamatan di Bener Meriah tempat domisili warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, yakni Kecamatan Bukit, kecamatan Bandar, Wih Pesam, Bener Kelipah, Timang Gajah, dan kecamatan Permata.

Komentar

Loading...