Unduh Aplikasi

19 Napi di Aceh Dapat Remisi Bebas Idul Fitri

19 Napi di Aceh Dapat Remisi Bebas Idul Fitri
Narapidana di Lapas kelas II A Banda Aceh. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Sebanyak 4.240 narapidana di Aceh mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman dalam momen hari Raya Idul Fitri 1441 H. Dari jumlah tersebut 19 diantaranya dinyatakan bebas.

Kadivpas Kemenkumhan Aceh, Meurah Budiman menyebutkan dari usulan 4.354 narapidana untuk mendapatkan remisi lebaran tahun ini, sebanyak 4.240 telah mendapat persetujuan dari Menteri Hukum dan HAM RI.

"Berdasarkan Keputusan, para narapidana  mendapatkan remisi dibagi dalam dua kelompok. Diantaranya remisi umum I sebanyak 4.221 orang dan remisi umum II atau bebas sebanyak 19 orang," kata Meurah, Jumat (22/5).

Adapun 19 narapidana mendapatkan remisi khusus II (langsung bebas) di lebaran Idul Fitri 2020 masing-masing dari Lapas Narkotika kelas II B Langsa sebanyak 5 orang, Lapas Banda Aceh 3 orang, Lapas Meulaboh 2 orang.

Sementara di Lapas Kelas II B Kuala Simpang sebanyak 2 orang dapat remisi bebas dan Lapas Kelas II B Kota Bakti satu orang.

Untuk Lapas Lhokseumawe, Langsa, Kota Bakti, Blangpidie, Lhoknga dan Rutan Sigli masing-masing satu orang mendapatkan remisi bebas di hari lebaran ini.

"Dari usulan remisi khusus tahun 2020 dari UPT Pas Aceh disetujui 4.354 orang sementara sisanya 114 orang belum turun SK persetujuan karena masih proses verifikasi dokumen di Dirjen Pemasyarakatan di Jakarta," pungkasnya.

Komentar

Loading...