Unduh Aplikasi

18 Hari Melaut, Tiga Nelayan Banda Aceh Belum Kembali

18 Hari Melaut, Tiga Nelayan Banda Aceh Belum Kembali
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Tiga orang nelayan berasal dari Gampong Jawa, Banda Aceh sudah 18 hari dikabarkan belum kembali yang pergi melaut sejak 17 September 2019.

Berdasarkan informasi dari Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek ketiga nelayan tersebut pawang Munazir (33), dan dua Abk nya yaitu Kaha (33) dan Man (20).

Keterangan dari keluarga Munazir, ketiga nelayan tersebut berangkat ke laut dengan menggunakan kapal KM Athiya 02 berkapasitas 7 Gross Tonnaga (GT) melalui pelabuhan kecil Gampong Jawa Banda Aceh.

"Wilayah pencarian ikan diperkirakan 50-100 mil dari Banda Aceh atau disekitar laut Aceh. Biasanya paling lama 12 hari mereka telah kembali, sekarang sudah 18 hari," katanya, Sabtu (5/10).

Ia menyebutkan belum kembalinya ketiga nelayan tersebut dicurigai karena pengaruh kabut asap beberapa hari lalu yang melanda wilayah Aceh.

"Sebelumnya hari ke empat, tiga nelayan tersebut pernah berkomunikasi dengan salah satu kapal pukat langga mereka dalam keadaan baik," ucapnya.

Pada hari ke lima, ketiga nelayan tersebut hilang kontak dan tidak bisa dihubungi, baik menggunakan radio maupun telepon genggam milik mereka.

"Kita telah melaporkan ke Pemerintah Aceh, pihak SAR dan PSDKP untuk melacak mereka, kami curiga mereka tersesat masuk ke wilayah perairan negara lain, kita berharap ketiga nelayan itu bisa ditemukan dalam keadaan selamat," ungkapnya.

Kyriad Muraya Hotel Aceh

Komentar

Loading...