Unduh Aplikasi

16 Terpidana Diduga Kabur Saat Hendak Jalani Hukuman Cambuk

16 Terpidana Diduga Kabur Saat Hendak Jalani Hukuman Cambuk
Eksekusi cambuk yang berlangsung di Aceh Barat. Foto: AJNN.Net/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Barat melaksanakan uqubat cambuk bagi pelaku pelanggaran qanun jinayah di wilayah hukum setempat, Selasa (3/12) pagi di halaman Masjid Agung Batul Makmur Meulaboh.

Dalam eksekusi uqubat cambuk yang seharusnya berjumlah 36 orang tersebut, 16 orang diataranya diduga kabur satu hari menjelang hari pelaksanaan dilakukan.

Kepala Kejari Aceh Barat, Rukhsal Assegaf, mengatakan sebelum dilakukan uqubat cambuk, pihaknya sudah berupaya mencari para terpidana, namun ada yang tidak berada di daerah.

"Ada juga yang mengaku sibuk dan tidak dapat menjalaninya hari ini, ada yang katanya sakit, dan di luar daerah," kata Rukhsal.

Atas kejadian itu, kata Rukhsal, dari 36 orang orang yang akan dicambuk, hanya 20 orang terpidana yang berhasil dieksuksi cabul. Sementara 26 lainnya masih kabur.

Ia memastikan para terpidana cambuk yang menghindar atau berupaya kabur dari eksekusi cambuk pada hari ini akan dilakukan eksekusi cambuk pada periode selanjutnya.

"Dari 20 terpidana yang dicambuk merupakan para terpidana yang sebelumnya sempat tertunda pada periode uqubat cambuk sebelumnya," ujarnya.

 

Komentar

Loading...