Unduh Aplikasi

1500 Jenis Batu akan Tampil di Festival Batu Mulia

1500 Jenis Batu akan Tampil di Festival Batu Mulia
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin. Foto: Ist

BANDA ACEH - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan menggelar Festival Batu Mulia di Taman Budaya Aceh, Banda Aceh mulai 9 -12 November 2019. Ada 1.500 jenis batu dari seluruh Indonesia akan tampil di kontes batu mulia.

"Ada beberapa provinsi yang telah konfirmasi ikut dalam festival batu mulia di Banda Aceh yakni Banten, Padang, Jakarta, Lampung, Batam, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur dan Aceh," kata ketua pelaksana Festival Batu Mulia, Nasrul Sufi," Rabu (6/11).

Ia menyebutkan para kolektor batu mulia sangat antusias mengikuti kontes batu di Banda Aceh, ada 17 kelas yang akan diperlombakan.

"Kita juga menghadirkan dewan juri untuk menilai batu-batu tersebut dari Medan, Jakarta, Jawa Tengah dan Aceh," sebutnya.

Untuk Aceh sendiri, kata Nasrul, akan menampilkan jenis batu Indocrase yang terbagi atas solar, biosolar, lumut serta jenis batu lainnya yang berasal dari Aceh.

Ia menyebutkan, persiapan untuk festival batu mulia sudah mencapai 90 persen, pihak penyelenggara akan terus mempersiapkan berbagai kekurangan sehingga di hari pelaksana bisa berjalan dengan lancar.

Pihaknya juga mengajak para kolektor atau pecinta batu untuk ikut dalam kontes tersebut dalam rangka memboomingkan kembali batu Aceh yang pernah populer.

"Kegiatan ini salah satu cara kita memboomingkan kembali batu Aceh yang pernah populer," sebutnya.

Sebelumya, kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin menyebutkan festival batu mulia di Aceh menargetkan 1000 pengunjung meramaikan kontes batu.

"Dengan ramai pengunjung diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kepariwisataan di Banda Aceh," kata Jamaluddin.

 

Komentar

Loading...