Unduh Aplikasi

15 Pasien Covid-19 di Bener Meriah Sembuh, Termasuk Kabag Humas Sekdakab

15 Pasien Covid-19 di Bener Meriah Sembuh, Termasuk Kabag Humas Sekdakab
Ilustrasi. Foto: Net

BENER MERIAH - Hari ini Senin (19/10/2020) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bener Meriah, mengeluarkan Surat Keterangan selesai isolasi mandiri kepada 15 orang pasien yang sebelumnya terkonfirmasi Positif Covid-19. Diantara pasien yang dinyatakan sembuh tersebut terdapat Kabag Humas/Protokoler Setdakab Bener Meriah, Hasyimi dan Camat Gajah Putih, Abdul Hadi.

Hal ini disampaikan penanggungjawab Bidang Penanganan Kesehatan dr. Sri Tabahati, Sp. An melalui Jubir Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Bener Meriah, Khalisuddin kepada AJNN, Senin (19/10/2020) di Redelong. Menurut Sri Tabahhati, sesuai dengan buku Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Revisi 5, Pasien konfirmasi positif tanpa gejala dapat dinyatakan sembuh setelah melakukan isolasi mandiri selama 10 hari setelah pengambilan spesimen Swab yang menyatakan bersangkutan positif Covid-19 kemudian ditambah observasi 3 hari.

"Yang bersangkutan tidak perlu lagi dilakukan pemeriksaan SWAB kembali," ujar Sri Tabahhati.

Wanita yang juga Direktur RSUD Muyang Kute ini juga menyampaikan bahwa surat keterangan yang mereka keluarkan tersebut akan segera disampaikan kepada yang bersangkutan dan juga ditembuskan ke Satgas Kecamatan dan Kampung tempat pasien tersebut berdomisili. 

"Artinya, pasien-pasien tersebut sudah dapat kembali beraktifitas seperti biasanya dengan tetap melaksanakan Prokes Covid-19," kata Dokter ini melalui Jubir Khalis.

Selain itu, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang sebelumnya tanpa gejala dan sedang isolasi mandiri namun ternyata muncul gejala maka diharuskan melapor ke Satgas Kampung agar dilakukan penjemputan oleh Ambulance tim Satgas. Pihak Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Bener Meriah meminta mereka yang terkonfirmasi Positif Covid-19 untuk tidak datang sendiri ke instalasi kesehatan, karena sesuai protokol mereka harus dijemput oleh tim Satgas.

Sementara itu Jubir Satgas Khalisuddin menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mengucilkan pasien konfirmasi positif yang disiplin melakukan isolasi mandiri ataupun yang sudah dinyatakan sembuh. 

"Sebaliknya kita harus ucapkan terima kasih kepada saudara-saudara kita tersebut yang sudah melaksanakan Prokes dengan isolasi mandiri dengan baik," ujarnya.

Pada dasarnya, kata Khalis, semua orang harus yakin bahwa Covid-19 ini nyata dan dapat disembuhkan maka harus menjaga diri agar tidak tertular dan menularkan kepada orang terdekat. 

"Dan jika ada kerabat atau tetangga yang terkonfirmasi positif mari sama-sama kita berikan dukungan moril," ajak Khalis.

Untuk update terbaru sampai hari ini, warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Bener Meriah total berjumlah 117 kasus, dirawat 4 orang, sembuh 71 orang, isolasi mandiri 36 orang dan 6 orang meninggal dunia. 

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...