Unduh Aplikasi

120 Ribu Jiwa Warga Aceh Barat akan Menerima Vaksinasi Covid-19

120 Ribu Jiwa Warga Aceh Barat akan Menerima Vaksinasi Covid-19
Ilustrasi. Foto:Medcom.id.

ACEH BARAT - Dari 194,712 jiwa penduduk kabupaten Aceh Barat,  120 ribu lebih akan menerima vaksinasi CoronaVirus Disease 2019 (Covid-19).

Jumlah penerima vaksinasi Covid-19 itu terdiri dari tenaga kesehatan, pejabat daerah, serta TNI/Polri dan masyarakat biasa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaida mengatakan untuk penerima vaksin tahap pertama akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan, lalu disusul pejabat dan TNI/Polri.

"Untuk tahap pertama lebih dulu nantinya bagi tenaga kesehatan. Terus dilanjutkan bagi pejabat daerah dilingkungan Pemkab serta TNI/Polri. Dan setelahnya baru masyarakat," kata Syarifah Junaida, saat dihubungi AJNN, Rabu (13/1/2021) di Meulaboh.

Meski sudah menentukan penerima vaksinasi pertama, namun kata dia pihaknya belum bisa memastikan kapan akan dilakukan vaksinasi, lantaran belum menerima vaksin dari provinsi.

Dalam pemberian vaksin nantinya, kata dia, tidak ada pemaksaan bagi warga namun bagi yang bersedia akan di vaksin. 

"Nantikan ada pernyataan yang harus ditandatangani. Jadi kalau bersedia ditandatangani, kalau tidak ya tidak kita paksa," ungkapnya.

Dikatakannya, bagi yang tidak bersedia di vaksin juga tidak akan dikenakan sanksi sebab dalam pemberian vaksin merupakan pilihan.

Selain itu, kata dia, mereka yang akan di vaksin juga akan dilihat terlebih dahulu apakah memiliki penyakit penyerta atau komorbit atau tidak.

"Jika nantinya kita screaning ada penyakit penyerta seperti jantung, ginjal dan lainnya itu tidak akan divaksin," imbuhnya.

Komentar

Loading...