Unduh Aplikasi

12 Ribu Lebih Warga Aceh Barat Terancam Tak Dapat Hak Pilih

12 Ribu Lebih Warga Aceh Barat Terancam Tak Dapat Hak Pilih

ACEH BARAT - Sebanyak 12.500 warga Kabupaten Aceh Barat yang telah masuk dalam Daftar Pemilihan Sementara (DPS) terancam gugur hak pilihnya. Pasalnya warga tesebut hingga saat ini belum memiliki atau terekam E-KTP.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Bahagia Idris, mengatakan sesuai peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) menyebutkan yang berhak memilih apabila sudah memiliki KTP elektronik.

“Kami harapkan masyarakat untuk segera mengurus E-KTP,” kata Bahagia Idris, Selasa (2/11).

Dirinya menjelaskan apabila masyarakat sudah melakukan perekaman E-KTP, maka secara otomatis sudah memiliki hak pilih.

“Ini timses calon harus segera mengajak masyarakat pendukungnya untuk merekam E-KTP. Apabila ini tidak ada imbauan dari timses, penyelenggara pemilu akan terancam ketika hari pencoblosan,” ujarnya.

Bahagia menjelaskan bagi warga yang belum memiliki atau terekam E-KTP, masih mendapatkan batas waktu akhir hingga 6 Desember 2016, atau saat dilakukannya rapat plano penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh KIP.

“DPS yang telah terdaftar di KIP berdasarkan data hasil pemilih yang ditetapkan dalam DPS untuk sementara mencapai 134.321 jiwa, dengan rincian laki- laki sebanyak 66.799 jiwa, dan perempuan sebanyak 67.513 jiwa,” jelasnya.

Komentar

Loading...