Unduh Aplikasi

11 Proyek Pembangunan Ruas Jalan di Aceh Utara Dibatalkan

11 Proyek Pembangunan Ruas Jalan di Aceh Utara Dibatalkan
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH UTARA - 11 proyek pembangunan ruas jalan dalam kecamatan di Aceh Utara yang direncanakan dalam tahun 2020 ini, terpaksa dibatalkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Utara. Pasalnya dana untuk pembangunan proyek itu sudah dialihkan Pemerintah Pusat, guna pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19).

Dana untuk pembangunan fasilitas umum dengan angka mencapai Rp 76 miliar lebih yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 transfer dibatalkan karena sudah dialihkan pusat.

Tidak hannya itu, Dinas PUPR Aceh Utara juga membatalkan pembangunan infrastruktur saluran irigasi Kecamatan Sawang dan Muara Batu, yang bersumber dari APBK 2020. Pembatalan juga dengan alasan yang sama.

"Nilai potongan dana dari pusat tahun ini mencapai Rp 100 miliar lebih untuk pencegahan penyebaran virus corona," ujar Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, Rabu (15/4).

Ia menyebutkan pengalihan dana yang bersumber dari APBN sudah diberitahukan oleh Menteri Keuangan RI, dan Pemkab sendiri sudah melakukan penyesuain.

"Sehingga proyek yang sudah direncanakan tidak bisa dijalankan meskipun itu sudah dilelang," jelas pria yang akrab disapa Sidompeng itu.

Pembangunan 11 ruas jalan yang dibatalkan itu meliputi, Kecamatan Baktiya, Lhoksukon, Matangkuli, Pirak Timu, Tanah Luas, Lapang, Tanah Pasir dan Muara Batu. (Safrizal)

Komentar

Loading...