Unduh Aplikasi

101 Orang Kontak Erat Pasien Covid-19 di Bener Meriah Diambil Swab

101 Orang Kontak Erat Pasien Covid-19 di Bener Meriah Diambil Swab
Sejumlah pejabat SKPK dan anggota DPRK Bener Meriah sedang menunggu antrian untuk pengambilan Swab di RSUD Muyang Kute Bener Meriah. Foto: For AJNN

BENER MERIAH - Sebanyak 101 orang yang diduga kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 beberapa hari yang lalu melakukan pemeriksaan swab.

Pengambilan sampel swab tersebut dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covi-19 Kabupaten Bener Meriah, Senin (28/9) di RSUD Muyang Kute dan Mapolres Bener Meriah.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bener Meriah Khalisuddin, kepada AJNN mengatakan ada 74 sampel di Muyang Kute, dan 27 sampel di Polres Bener Meriah.

Mereka yang diambil swab di RSUD Munyang Kute diantaranya Ketua DPRK, Mohd Saleh beserta beberapa Anggota DPRK dan Sekwan DPRK Bener Meriah, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Bener Meriah, Kadis Pendidikan Bener Meriah dan Kadis Pertanian Bener Meriah.

Selain itu, ada juga Kadis Syariat Islam Bener Meriah, Kasatpol PP dan WH Bener Meriah dan beberapa pejabat eselon 2 dan 3 di lingkungan Pemkab Bener Meriah. Sedangkan swab yang dilaksanakan di Polres Bener Meriah diikuti oleh jajaran Polres Bener Meriah.

"Dari total sampel tersebut 16 sampel akan dikirim ke laboratorium penyakit infeksi Fakultas Kedokteran Unsyiah dan hasilnya akan dilaporkan hasilnya dalam 2-3 hari kedepan. Sedangkan sisanya akan dikirimkan ke Balitbangkes Aceh dan hasilnya baru akan diterima 7-10 hari kedepan," ujar Khalisuddin.

Pemeriksaan swab ini, menurut Khalisuddin dilakukan untuk melihat bagaimana keterpaparan dari pasien konfirmasi positif Covid-19 terhadap kontak eratnya.

Selama menunggu hasil swab, GTPP Covid-19 Kabupaten Bener Meriah mengimbau kepada seluruh kontak erat, baik yang telah dilakukan pemeriksaan swab atau belum untuk menjalankan isolasi mandiri secara ketat.

Pada saat yang sama, Khalisuddin juga mengatakan kalau hari ini ada penambahan dua kasus konfirmasi positif Covid-19 yang baru, keduanya beralamat di Kecamatan Wih Pesam.

"Dengan bertambahnya dua orang tersebut, maka sampai dengan saat ini sudah terdapat 56 pasien konfirmasi positif Covid-19, dan yang sedang menjalani perawatan berjumlah 11 orang," kata Khalisuddin.

Komentar

Loading...