Unduh Aplikasi

1000 Guru Honorer Lulus Tes 2013 Belum Diangkat Jadi PNS

1000 Guru Honorer Lulus Tes 2013 Belum Diangkat Jadi PNS
Ilustrasi guru honorer. Foto: Kolase foto/Suara.com

BANDA ACEH - Ombudsman RI Perwakilan Aceh menyebutkan, sekitar 1000 guru honorer yang dinyatakan lulus saat tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013, hingga kini belum lagi diangkat menjadi PNS.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Taqwaddin Husin menyebutkan, hingga saat ini, 1000 CPNS yang dinyatakan lulus belum lagi diangkat dikarenakan ada kendala dengan peraturan pemerintah.

"Sampai sekarang belum diangkat. Kita sudah bantu, sudah urus ke Jakarta, katanya tersandung dengan peraturan pemerintah," kata Taqwaddin  saat ditemui AJNN di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Rabu (7/4/2021).

Ia mengatakan, sebelumnya guru honorer itu sudah bekerja lama di sekolah. Kemudian mengikuti tes CPNS dan dinyatakan lulus. Namun hingga sekarang tidak bisa diangkat menjadi PNS karena ditempatkan di sekolah swasta.

"Padahal penempatan itu juga dilakukan oleh bupati dan kepala daerah di masing-masing kabupaten/kota," ucapnya.

Terlebih karena belum diangkat menjadi PNS, para guru honorer itu tidak bisa mendaftar jadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sebab kata Taqwaddin, saat data mereka di input, para guru honorer itu sudah terdaftar menjadi PNS.

"Padahal mereka belum PNS karena masih belum diangkat jadi PNS," tegasnya.

Sebab kata Taqwaddin dalam peraturan pemerintah tentang pengangkatan pegawai negeri disebutkan bahwa, guru honorer yang diangkat menjadi PNS itu terlebih dahulu harus bekerja di instansi pemerintah.

"Sementara 1000 orang ini ditempatkan di sekolah swasta. Padahal penempatan itu oleh pemerintah juga," pungkasnya.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...