Unduh Aplikasi

10 Kecamatan di Pidie Terdampak Gempa Pidie Jaya

10 Kecamatan di Pidie Terdampak Gempa Pidie Jaya
Proses evakuasi oleh aparat gabungan. Foto: Muksalmina

PIDIE - Gempa Aceh berkekuatan 6.5 skala richter yang berpusat di Pidie Jaya menimbulkan kerusakan di 10 kecamatan di Pidie. Selain merusak bangunan, gempa juga menelan korban jiwa.

Kepala Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Pidie, Apriadi, mengatakan akibat gempa tersebut menghancurkan puluhan rumah, toko, tempat ibadah dan tempat umum lainnya di sejumlah kecamatan dalam Pidie.

"Ada 10 kecamatan yang mengalami dampak bencana dari gempa. Setidaknya 81 bangunan rusak berat serta rusak ringan," sebutnya.

Di Kecamatan Simpang Tiga, sembilan unit rumah roboh. Di Kota Sigli: satu unit toko rusak ringan dan satu unit rumah hancur. Di Pekan Baro: dua rumah roboh. Di Glumpang Baro: satu unit rumah rusak total. Di Tiro: satu unit rumah rusak berat, satu meunasah dan satu sekolah dasar serta sembilan rumah rusak ringan.

Di Kecamatan Padang Tiji: tiga unit rumah hancur. Di Tangse: satu unit rumah hancur dan sebuah masjid rusak ringan. Di Pidie: satu unit toko rusak ringan. Di Glumpang Tiga: dua toko dan lima unit roboh.

Kembang Tanjong mengalami kerusakan terparah gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu. Sedikitnya 40 unit rumah roboh, serta satu unit jembatan di Gampong Jeumeurang hancur total.

Gempa juga menelan dua korban jiwa di Kecamatan Glumpang Tiga. Mereka adalah Jailani dan istrinya Faridah, warga Sukon Baroh, akibat tertimbun runtuhan rumah toko (ruko) miliknya yang berada dekat perbatasan Pidie dan Pidie Jaya.

Komentar

Loading...