Unduh Aplikasi

Wisatawan Ke Sabang Masih Padati Pelabuhan Ule Lheue

Wisatawan Ke Sabang Masih Padati Pelabuhan Ule Lheue
BANDA ACEH - Meski telah memasuki H+6 Idul Fitri 1437 Hijriah, kepadatan calon penumpang masih terlihat di Pelabuhan Ule Lheue Banda Aceh hingga Senin (11/7).Ramainya calon penumpang mengakibatkan antrian panjang warga dan kendaraan.

Pantauan AJNN, kepadatan telah terlihat sejak Senin pagi. Umumnya calon penumpang merupakan mahasiswa yang masih menikmati libur lebaran serta pegawai yang baru mengambil cuti lebaran.

“Kemarin tidak sempat, jadi karena kuliah juga belum mulai mau ke Sabang dulu,”kata Mutia, mahasiswa asal Sumatera Utara yang ditemui AJNN di Pelabuhan Ule Lheue Banda Aceh.

Selain berasal dari sejumlah kota di Sumatera, calon penumpang juga berasal dari kabupaten/kota di Aceh.

“Mau berlebaran ketempat saudara karena kemarin lebaran di kampung. Sekalian wisata ke Sabang,”kata Nurbaizah calon penumpang asal Bireuen.

Ramainya calon penumpang yang tidak diimbangi ketersedian armada kapal membuat sejumlah penumpang memilih bermalam di Pelabuhan Ule Lheue. Mereka memilih bermalam di kendaraan roda empat yang akan dibawa ke Sabang.

Namun beberapa diantarannya memilih membatalkan rencana membawa kendaraan roda empat karena tak sabar mengantri lama di pelabuhan.

Sementara itu kepala UPTD Pelabuhan Ule Lheue Banda Aceh Misdaryanto, memastikan seluruh penumpang akan terangkut ke Sabang.

“Ada lima kapal yang kami siagakan toga kapal roro dan 2 kapal cepat. Jika sifatnya emergency kami juga akan memberangkatkan kapal hingga malam hari. Puncak arus balik dari Sabang sebenarnya kemarin. Ini hanya wisatawan yang baru mengambil cuti dan mahasiswa yang masih libur,”kata Misdaryanto.

Menurutnya peningkatan jumlah penumpang ke Sabang melalui Pelabuhan Ule Lheue telah terjadi sejak Jumat lalu atau H+3 Idul Fitri. Sejak H+3, sebanyak 3000 penumpang telah diseberangkan ke Sabang dengan rata-rata perhari 1000 penumpang.

“Tahun ini ada peningkatan sekitar 20 persen dibanding tahun sebelumnya. Untuk arus balik kami prediksikan akan terjadi hingga H+9 paska Idul Fitri,”ujarnya
Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin

Komentar

Loading...