Unduh Aplikasi

Warga Kajhu Relokasi 13 Jenazah Korban Tsunami

Warga Kajhu Relokasi 13 Jenazah Korban Tsunami
Warga Gampong Kajhu Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar menunaikan salat jenazah sebelum memindah makam 13 jenazah korban tsunami Aceh tahun 2004 silam kelokasi pemakaman baru, Ahad (24/12/2018). Photo; AJNN.Net/Winarman.

ACEH BESAR - Sebanyak 13 jenazah korban tsunami Aceh direlokasi dari tempat awal dimakamkan ke tempat pemakaman umum di Gampong Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar. Pemindahan menyusul rencana pengembang perumahan mendirikan rumah di sekitar kawasan tempat korban dimakamkan 14 tahun silam.

"Jadi ini bukan penemuan. Berhubung ada pengerjaan disini, maka kami selaku yang dulu melakukan prosesi pemakaman memberitahukan kepada pelaksana kegiatan," kata Zulfian, tokoh pemuda Gampong Kajhu kepada wartawan Senin, (24/12/2018).

Menurut Zulfian jenazah yang direlokasi merupakan jenazah warga yang saat gempa dan tsunami melanda Aceh tahun 2004 silam berdomisili di sejumlah perumahan di Gampong Kajhu. Seluruh jenazah, kata Zulfian akan di pindah ke pemakaman Gampong Kajhu yang terletak di Belakang Rumah Tahan Banda Aceh.

" Disana( Belakang rutan Kajhu) ada pemakaman juga, jadi disatukan disana," ungkap Zulfian.

Zulfian menambahkankan pasca tsunami sebanyak 7 titik lokasi kuburan massal darurat masih berada di Gampong Kajhu. Seluruh makam masih berada dilokasi awal dan belum dipindah.

" Dulu berhubung emergency (keadaan darurat) kita tidak tahu dibawa (dimakamkan ) kemana. Dulu mau dimakamkan di pinggir jalan tapi mengingat ada pembangunan toko maka kita bawa kebelakang (menjauh dari jalan)," ujar Zulfian.

Eliminasi Malaria

Komentar

Loading...