Unduh Aplikasi

Warga Aceh Timur Demo PT Medco di CPP Blok A

Warga Aceh Timur Demo PT Medco di CPP Blok A
Aksi demo warga PT Medco di CPP Blok A. Foto: Ist

ACEH TIMUR - Ratusan warga Aceh Timur melakukan aksi protes (demo) di PT Medco di CPP Blok A tepatnya di Gampong Blang Nisam, Kecamatan Indra Makmu, kabupaten setempat, Rabu (15/5).

Aksi yang dilakukan warga di depan PT Medco tersebut dikarenakan masyarakat sudah kecewa dengan cara penanganan oleh perusahaan yang terkesan sangat lambat untuk mengantisipasi bau menyengat yang sangat meresahkan warga sekitar.

Ketua Koordinator Lapangan Yansafriadi mengatakan, aksi itu dilakukan karena pengaruh adanya bau yang sangat menyengat seperti bau WC dan telur busuk yang dibawa oleh tiupan angin mengakibatkan warga setempat mengalami mual dan muntah - muntah. Bahkan tercatat sudah ada dua orang warga Indra Makmu yang harus dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan pengobatan medis.

Hal itu menjadi masalah serius mengingat bau tersebut bisa berbahaya dan terganggunya pernafasan masyarakat lingkar tambang.

Baca: Warga Lingkar Tambang PT Medco Keluhkan Bau Busuk

“Ada dua poin yang dituntut dari perusahaan tersebut yakni, PT Medco harus bertanggungjawab dan bau busuk yang menyengat menimpa warga harus hilang untuk selamanya. Selain itu kami juga meminta PT Medco agar memberdayakan warga Lingkar Tambang Medco, berupa Balai Latihan Kerja (BLK) yang di pusatkan di Kecamatan Indra Makmu,” katanya saat melakukan aksi tersebut.

Menanggapi hal tersebut Field Relation Manager, PT Medco Dedi Sukmara mengatakan pihaknya akan segera mengundang Institut Pertanian Bogor, selaku pihak yg independen untuk melakukan pengecekan serta pemantaun tentang keadaan dan silkulasi udara di sekitar CPP dan sekitarnya.

Sehingga dapat disimpulkan apa penyebab pastinya tentang bau menyengat yang selama ini menjadi keluhan warga Lingkar Tambang.

“Tentang tuntutan pembuatan BLK pihak perusahaan berjanji akan membuat balai latihan kerja yang nantinya disepakati bersama dengan masing-masing keuchik, namun kami akan melakukan hal tersebut setelah lebaran hari raya Idul Fitri 2019,” ungkapnya.

Informasi yang diterima AJNN, setelah mendapat jawaban dan tanggapan dari Manajemen PT Medco dengan pihak pengunjuk rasa, disepakati pada hari ini akan dilakukan pertemuan kembali di Aula Kantor Camat Indra Makmu untuk membuat suatu komitmen khususnya tentang penanggulangan terhadap pencemaran udara (bau busuk .

Komentar

Loading...