Unduh Aplikasi

Warga Aceh Diimbau Waspada Angin Kencang hingga Dua Hari ke Depan

Warga Aceh Diimbau Waspada Angin Kencang hingga Dua Hari ke Depan
Ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) Malikussaleh mengimbau kepada seluruh masyarakat waspada cuaca buruk berupa angin kencang yang melanda Indonesia khususnya di Aceh selama dua hari ke depan.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh cuaca buruk tersebut,” FCT BMKG Aceh Utara, Kharendra Muiz kepada AJNN.

Sambungnya, kepada masyarakat diharapkan berhati-hati ketika berada di kawasan  seperti papan reklame, baliho, pohon rindang yang berpotensi roboh atau tumbang akibat angin kencang tersebut dan pengguna jalan saat berkendara serta pengguna jasa transportasi penyeberangan laut diharapkan waspada terhadap potensi gelombang tinggi tersebut.

“Kami mencatat angin maksimum sebesar 37.44 km/jam (20.8 knots) untuk saat ini. Selisih tekanan udara yang cukup besar itulah yang meningkatkan dan menguatkan tarikan massa udara dan kecepatan angin di sekitar Indonesia khususnya wilayah Aceh,” ungkapnya.

Lanjutnya, secara umum pada musim kemarau, pola bergerakan massa udara dan angin berasal dan datang dari  Benua Australia. Kondisi saat ini tekanan udara di wilayah Australia berkisar 1.024 mb , sedangkan di wilayah asia berkisar 995 milibar (mb). Sifat massa udara yang bergerak dari daerah yang memiliki tekanan udara yang tinggi menuju daerah yang memiliki tekanan lebih rendah.

“Semakin tinggi selisih tekanan udara antara dua daerah, maka kecepatan gerak massa udara juga akan semakin tinggi. Selain itu secara klimatologi pada bulan Juli ini merupakan bulan dengan suhu tertinggi sepanjang tahun, hari ini suhu tertinggi tercatat 34.7 °C,” pungkasnya.

Komentar

Loading...