Unduh Aplikasi

Wacana DOB Kota Pantonlabu, Keuchik di Lima Kecamatan Beri Rekomendasi Dukungan

Wacana DOB Kota Pantonlabu, Keuchik di Lima Kecamatan Beri Rekomendasi Dukungan
Pertemuan para keuchik dan pengurus Komite Pemekaran. Foto: Ist

ACEH UTARA - Panitia Daerah Otonomi Baru (DOB) Kota Pantonlabu, terus melakukan konsolidasi. Saat ini mereka sedang mengumpulkan rekomendasi dukungan dari seluruh gampong dari lima kecamatan di Aceh Utara yang mendukung pemekaran Kota Pantonlabu.

Dihimpun AJNN, saat ini panitia DOB sudah dilakukan pertemuan dengan seluruh gampong dari Kecamatan Seunuddon dan Baktiya. Tiga kecamatan lainnya seperti Langkahan, Baktiya Barat dan Tanah Jambo Aye juga sudah dijadwalkan pertemuan.

"Untuk dua kecamatan kami sudah lakukan sosialisasi dan konsolidasi. Alhamdulillah seluruh gampong mendukung dan sudah mengeluarkan surat rekomendasi dari masing-masing gampong. Tiga kecamatan lagi sudah kita jadwalkan dalam bulan ini," kata Hendra Nurdin, Ketua Komite Pemekaran Kota Pantonlabu kepada AJNN, Rabu (10/1).

Menurut Hendra, permintaa pemekaran DOB Pantonlabu dari kabupaten induk Aceh Utara adalah aspirasi dari seluruh masyarakat di lima kecamatan atau disingkat dengan singkatan Jambo Seulanga. Maka dari itu, syarat awal yang harus dipenuhi adalah surat rekomendasi dukungan dari masing-masing gampong.

"Ada 187 gampong dari lima kecamatan. Saat ini semuanya sedang menyiapkan surat rekomendasi dukungan. Ini membuktikan jika DOB Pantonlabu bukan keinginan elit tapi murni aspirasi masyarakat gampong," ungkap Hendra.

Selain itu, sejauh ini pihaknya juga sudah menggelar pertemuan dengan berbagai tokoh politik, cendikiawan, ulama dan kalangan birokrat, LSM, Ormas dan mahasiswa.

"Pada prinsipnya mereka semua mendukung. Bahkan mereka minta untuk segera dilakukan deklarasi. Rencananya kita akan buat deklarasi akbar pada 11 Februari mendatang yang dihadiri ribuan masyarakat," sebut Hendra.

Setelah semua dukungan terkumpul, pihaknya baru akan menyerahkan berkas rekomendasi tersebut ke Pemerintah Pusat (Kemendagri), Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

"Kami pastikan dulu semua rekomendasi dukungan terkumpul. Baru kita siapkan berkas administrasi tambahan dan menyerahkan proposal pemekaran BOB Kota Pantonlabu ke pemerintah. Kita optimis wacana ini akan terwujud atas dukungan seluruh lapisan masyarakat," jelasnya.

Pihaknya merencanakan seluruh proses dan tahapan tersebut akan selesai awal Maret 2018 untuk segera diserahkan ke pemerintah.

Komentar

Loading...