Topik

UUPA Digugat, Zaini Abdullah: Saya Tak akan Diam

·
UUPA Digugat, Zaini Abdullah: Saya Tak akan Diam
Gubernur Aceh Zaini Abdullah
PIDIE JAYA - Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan Pemerintah Aceh tidak akan berdiam diri terkait banyaknya pasal-pasal di dalam Undang-undang Pemerintah Aceh (UUPA) yang telah dipretelin Pemerintah Pusat. 

"Saya tidak akan diam terhadap upaya Pemerintah Pusat dan pihak-pihak lain yang mencoba menghilangkan satu per satu pasal-pasal UUPA melalui Judicial Review ke Mahkamah Konstitusi," kata Zaini Adbullah, Minggu (18/9).

Dikatakan gubernur, untuk mengantisipasi hilangnya satu per satu kekhususan Aceh yang diatur dalam UU nomor 11 tahun 2006 tersebut, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Menteri Polhukam RI, Wiranto untuk membicarakan hal tersebut.

Dalam pertemuan dengan Wiranto, kata calon Gubernur Aceh itu, MoU yang ditanda tangani antara Pemerintah RI dan GAM merupakan hal yang fundamental dalam membangun Aceh yang kemudian melahirkan UUPA.

Kepada Menkopulhukam, Abu Doto--sapaan Zaini Abdullah--menyampaikan masih banyak aturan turunan UUPA yang belum dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat agar segera diperhatikan dan disampaikan kepada menteri-menteri terkait untuk bisa secepatnya dikeluarkan.

"Pak Wiranto menyatakan akan memperhatikan dan menyampaikan hal itu kepada menteri-menteri terkait dan juga kepada Presiden," imbuh Zaini.

"Jadi Pemerintah Aceh tidak berdiam diri terhadap kondisi UUPA yang banyak aturan turunannya belum dikeluarkan. Begitu juga dengan upaya pihak-pihak yang mencoba mempretelin UUPA."

Komentar

Loading...