Unduh Aplikasi

Unimal Akan Jadi Pusat Pelatihan Bagi Calon Tenaga Kerja KEK Arun

Unimal Akan Jadi Pusat Pelatihan Bagi Calon Tenaga Kerja KEK Arun
Dr Herman Fithra

LHOKSEUMAWE – Universitas Malikussaleh (Unima) Lhokseumawe direncanakan akan menjadi pusat pelatihan calon tenaga kerja yang akan diperkerjakan di perusahaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun, Kota Lhokseumawe.

“Iya, Unimal akan mengambil peran untuk menjadi pusat pelatihan bagi calon tenaga kerja di KEK Arun. Dan saya sudah membicarakan hal ini dengan PT Patriot Nusantara pada awal Februari lalu,” kata Rektor Unimal, Herman Fithtra kepada AJNN, Minggu (10/2).

Sambungnya lagi, pihaknya akan segera mengimplementasi kan hal tersebut untuk mempersiapkan calon pekerja di KEK Arun. Diantaranya, di laboratorium mesin Unimal akan menjadi pusat pelatihan pengelasan, di Labolatorium Elektro akan menjadi pusat pelatihan kelistrikan.

“Kemudian untuk pelatihan komputer akan dilakukan di Prodi Informatika, serta pengetahuan berbasis online juga akan dilakukan di Unimal, dan Insya Allah pelatihan itu akan dilaksanakan dalam tahun ini,” jelas Herman.

Herman menambahkan, pelatihan tersebut bukan hanya untuk mahasiswa saja, akan tetapi juga untuk orang luar yang menjadi calon tenaga kerja di KEK Arun tersebut. Karena saat bertemu dengan PT Patna yang dibahas adalah calon pekerja di luar mahasiswa Unimal.

“Patna berjanji pada saat kembali ke Aceh nanti, akan datang ke kampus dan melakukan MoU untuk pelatihan tersebut,” ungkapnya.

Herman juga menuturkan, untuk mempersiapkan bagaimana mahasiswa Unimal agar mudah mendapatkan pekerjaan, mahasiswa yang sudah lulus dari universitas tersebut akan dibekali dengan surat kompetensi, dan jika ada mahasiswa yang memiliki ilmu pengetahuan tertentu akan dimagangkan di kilang perusahan yang ada di sekitaran kampus.

“Setelah mereka selesai magang, akan diberikan sertifikat kompetensi sehingga diharapkan mereka akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan,” imbuh Herman.

Sabang Marine 2019

Komentar

Loading...