Loker AJNN.net

Uji Baca Alquran Cabup dan Cawabup Pijay Dijaga Ketat

Uji Baca Alquran Cabup dan Cawabup Pijay Dijaga Ketat
Cabup dan Cawabup Pijay tes baca Alquran. Foto: Muksal Mina

PIDIE JAYA - Empat pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya melaksanakan uji baca Alquran di Masjid Pante Chiek Geulima, Kabupaten Pidie Jaya, Kamis (11/1).

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya, Musman kepada AJNN mengatakan uji mampu baca Alquran merupakan syarat mendaftar sebagai calon kepala daerah di Aceh, baik untuk tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Hal itu, lanjutnya, sesuai dengan Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA) maupun Qanun yang mengatur tentang pemilihan kepala daerah di provinsi yang mempunyai kekhususan dalam menjalankan Syariat Islam itu.

"Uji mampu membaca Alquran untuk bakal calon kepala daerah ini adalah sesuai dengan qanun," katanya.

Uji mampu baca Alquran ini bukan hanya sebatas ujian semata. Menurut Musman, kepala daerah terpilih nanti mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran dalam kehidupan sehari-hari di kabupaten pemekaran dari Kabupaten Pidie tersebut.

Musman menambahkan, penilaian diberikan oleh tujuh juri dari tiga lembaga, yakni Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), MPU, dan Kemenag Pidie Jaya. Hasil uji, sambungnya, akan diumumkan hari ini juga.

"Penguji akan menyerahkan hasil uji nanti sore kepada KIP. Dan setelah diserahkan hasil uji oleh juri ini, nanti akan segera kami umumkan," imbuhnya.

Pantauan AJNN, ratusan masyarakat meyaksikan uji mampu baca Alquran bagi calon pemimpin mereka. Seratusan personil polisi juga dikerahkan untuk memperlancar acara tersebut.

Sebelum mengaji, para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya diharuskan mengambil kertas undian berisi bagian surat yang harus dibaca.

Adapun calon yang berturut-turut membaca Alquran ialah, M Yusuf Usman-Anwar Ishak, Yusri Yusuf-Saifullah, Tgk Muhibbuddin-M Yusuf Ibrahim. Selanjutnya, pasangan petahana Aiyub Abbas-Said Mulyadi mendapat undian paling akhir.

Loker AJNN.net

Komentar

Loading...