Unduh Aplikasi

Uang Palsu Pecahan Seratus Ribu Rupiah Beredar di Singkil

Uang Palsu Pecahan Seratus Ribu Rupiah Beredar di Singkil
Lembaran uang palsu (atas) tampak lebih kecil dibandingkan ukuran uang asli (bawah).

ACEH SINGKIL - Uang palsu pecahan seratus ribu rupiah ditemukan beredar di wilayah Kabupaten Aceh Singkil, akibatmya sejumlah pedagang kios kecil di Kecamatan Suro banyak yang menjadi korban.

Penelusuran AJNN, Rabu (7/2) terdapat empat pedagang kios Bahan Bakar Minyak Eceran dan kios rokok di wilayah Kecamatan Suro yang menjadi korban peredaran uang palsu itu. Umumnya mereka yang tertipu adalah pemilik kios yang dijaga oleh lansia dan anak-anak.

Luat Cibro, salah seorang pedagang yang tertipu mengatakan pengedar uang palsu itu berjumlah empat orang dengan mengendarai dua unit sepeda motor. Luat mengaku sempat mengejar para pelaku setelah dirinya sadar telah menerima uang palsu saat melakukan transaksi.

"Saat membayar, mereka cepat-cepat minta kembalianya, selang beberapa saat saya baru menyadari uang yang saya terima palsu, saya berupaya mengejar mereka, tapi tidak berhasil," kata Luat.

Uang palsu yang beredar tersebut ukuranya sedikit lebih kecil dari ukuran uang asli, sekilas memang tampak mirip, namun jika diperhatikan secara seksama, uang palsu yang diedarkan itu tidak memiliki Hologram dan nomor seri.

Para pelaku sengaja mengedarkan uang itu pada malam hari, sehingga pedagang tidak menyadari jika uang yang mereka terima adalah palsu.

Peredaran uang palsu tersebut telah dilapor para korban kepada Kepolisian Sektor (Polsek) Suro. Polisi sedang berupaya mengungkap kasus peredaran uang palsu yang telah meresahkan warga itu.

Ucapan Ramadhan - Alja Yusnadi

Komentar

Loading...