Unduh Aplikasi

Tinjau Pelaksanaan Ujian PAS, Wabup Pidie: Ini Ujian yang Sangat Menjamin Integritas

Tinjau Pelaksanaan Ujian PAS, Wabup Pidie: Ini Ujian yang Sangat Menjamin Integritas
Foto: Ist

PIDIE - Wakil Bupati Pidie Fadhdullah TM Daud meninjau pelaksanaan ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sigli.

"Ini betul-betul ujian yang sangat menjamin integritas dari siswa yang diterapkan sekolah ini, ya paling tidak ada lagi contek menyontek," kata Wakil Bupati Fadhlulla TM Daud kepada AJNN, Kamis (16/6) didampingi Kadis Pendidikan Idhami.

Menurut Fadhlullah, ujian PAS dengan sistem CAT yang diterapkan SMPN 1 Sigli tentunya sebuah inovasi yang luar biasa.

"Saya memberikan rekomendasi kepada Dinas Pendidikan setempat supaya kedepan model ujian seperti ini diterapkan di SMP lain di Pidie," ujarnya.

Sementara Kepala SMP Anarita SPd kepada AJNN mengatakan, penarapan ujian PAS dengan sistem CAT dikuti 146 siswa, namun khusus siswa tingkat kelas II karena komputernya terbatas.

"Karena komputernya masih kurang sehingga kami pinjam sekolah lain 20 unit untuk siswa kelas II mengikuti ujian CAT, sementara untuk kelas I masih ujian manual,"katanya.

Penerapan ujian PAS dengan sistem CAT, menurutnya supaya mengetahui integritas dari siswa, mungkin dulunya ada siswa suka nyontek namun dengan ujian CAT ini siswa tidak bisa lagi menyontek karena soal diacak dan begitu juga jawabannya akan terlihat.

"Melalui penerapan ujian CAT maka dapat dilihat langsung nilai yang diperoleh siswa. Jadi pada saat ujian PAS siswa sudah tidak lagi melihat menyotek kiri atau kanan," ujarnya.

Dia menjelaskan, nilai rapor siswa bukan hanya diambil berdasar penilaian dari ujian PAS yang telah dikuti siswa, namun juga akan dinilai berdasarkan Kompetensi Dasar (KD) setiap siswa.

HUT AJNN 6th - Pemko Sabang
HUT AJNN 6th - Hendri Yono
HUT AJNN 6th - JSI
HUT AJNN 6th - Disbudpar Banda Aceh
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...