Hasanudin
Unduh Aplikasi

Tingkat Inflasi Aceh Rendah

Tingkat Inflasi Aceh Rendah
Kepala BI Perwakilan Aceh, Zainal Arifin Lubis. Foto: Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh, Zainal Arifin Lubis menyampaikan tingkat inflasi Aceh bulan Ramadan 2018 ini relatif mengalami penurunan dibandingkan tiga tahun sebelumnya pada periode yang sama.

"Inflasi bulan ini rata-rata lebih rendah dari periode yang sama tiga tahun terakhir," kata Zainal Arifin Lubis kepada wartawan, Selasa (5/6).

Arifin menyebutkan, periode Mei 2018 ini inflasi Aceh bertahan pada angka 0,69 persen, sedangkan tiga tahun sebelumnya dalam periode yang sama inflasi untuk Aceh mencapai 0,91 persen.

Dirinya menuturkan, pengendalian inflasi ini sudah menjadi fokus BI untuk menjaga kestabilan harga, sehingga baik ini tetap terjaga kedepannya.

Arifin menilai berdasarkan pengamatan BI sendiri, rendahnya inflasi ini bukan disebabkan faktor pendapatan masyarakat rendah yang berimbas pada turunnya permintaan, tetapi karena memang pasokan dinilai mencukupi sehingga permintaan dengan penawaran khususnya bahan pangan membuat kondisi relatif seimbang.

"Hasil pantauan lapangan BI Perwakilan Aceh bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Aceh, kami jumpai harga-harga pasokan masih stabil," jelasnya.

Selain itu, kata Arifin, kestabilan harga ini juga disebabkan karena sering dilakukannya inspeksi ke pasar-pasar, gudang, dan digelarnya pasar murah oleh pemerintah disejumlah lokasi. Bahkan BI juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak belanja secara berlebihan.

"Kami berikan edukasi juga supaya tidak belanja berlebihan, itu kan mubazir kalau tidak mampu dihabiskan," kata Arifin Lubis.

Adi Maros

Komentar

Loading...