Tim Pengawal UUPA Perlu Segera Dibentuk

Tim Pengawal UUPA Perlu Segera Dibentuk
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Mahasiswa Peduli Perdamaian Aceh (M@PA) mendukung pembentukan tim khusus pengawal Undang -undang pemerintah Aceh (UUPA).

"Pembentukan tim kusus pengawal UUPA sebagai bentuk komitmen menjaga perdamaian Aceh," kata Koordinator Pusat Mapa, Azwar A. Ganir, Minggu (13/8).

Menurut Azwar pembentukan tim khusus untuk mengawal UU PA sangat diperlukan dengan kondisi politik saat ini. Karena pencaturan politik nasional sangat menentukan gerak laju pemerintah di daerah khususnya Aceh.

"Semenjak diundangkan, UUPA sudah tiga kali diusik dengan mengesampingkan kekhususan yang melekat pada Aceh, oleh karena itu perlu dibentuk tim ini," ujarnya.

Baca: Perlu Tim Khusus Kawal UUPA

Azwar menjelaskan sebagai kelompok pro-perdamain pihaknya tidak anti dengan perubahan dinamika politik dan sosial di tingkat nasional. Tetapi pihaknya ingin menjaga agar kekususan yang telah diberikan untuk Aceh tidak dicabut.

"Jangan sampai kekhususan Aceh yang telah diberikan kemudian dicabut pemerintah pusat dengan serta merta, yang menimbulkan kegaduhan di Aceh," sebutnya

Azwar menambahkan persoalan ini harus menjadi perhatian semua pihak agar segala kekhususan yang dimiliki Aceh tidak serta merta dicabut oleh pemerintah pusat.

Menurutnya lembaga ini nantinya akan dibantu Pemerintah Pusat, Pemerintah Aceh, DPR Aceh, DPR RI dan DPD RI mengkaji dan memberikan masukan untuk setiap UU Nasional yang akan diberlakukan di Aceh.

"Jadi lembaga ini tidak pada tahap mengambil keputusan," ujarnya.

Dalam UUPA pasal 7 sudah di jelaskan bahwa Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dalam semua sektor publik, kecuali urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah.

Jadi, kata Azwar tidak ada alasan untuk menghentikan pembentukan lembaga ini, yang tidak boleh dilakukan Pemerintah Aceh mengurus politik luar negeri, pertahanan, keamanan, yustisi, moneter dan bidang tertentu dalam agama.

"Di luar dari pada itu dengan kewenangan yang luas semua bisa dilakukan untu kebaikan Aceh, asal jangan minta mardeka saja," tegas Azwar

Dia menambahkan yang perlu diperhatikan nantinya adalah terkait dengan struktur lembaga jangan sampai terlalu gemuk sehingga tidak efesien dengan tujuan.

"Kami akan terus menyuarakan untuk pembentukan lembaga ini, serta megawal pemerintahan berjalan untuk mewujudkan cita- cita perdamaian dan kesejahtraan," jelasnya.

data-ad-format="auto">

Komentar

Loading...