Tiga Anggota Panwascam Aceh Tamiang Gagal Dilantik

Tiga Anggota Panwascam Aceh Tamiang Gagal Dilantik
Ketua Panwaslu Aceh Tamiang mengambil sumpah 35 anggota panwascam yang dilantik. Foto: Asrul

ACEH TAMIANG - Sebanyak tiga calon peserta Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang telah diumumkan lulus oleh Panwaslu Kabupaten Aceh Tamiang gagal dilantik, Kamis (7/12) dini hari.

Tiga peserta yang dinyatakan lulus dan gagal dilantik tersebut yakni, Surya Jaya dari Kecamatan Tamiang Hulu, Maula ZIKRI dari Kecamatan Bendahara dan Irwansyah Putra dari Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang.

Ketiga anggota panwascam tersebut gagal dilantik karena telah mengundurkan diri dari jabatan panwascam menjelang pelantikan. Alasan mereka mengundurkan diri karena lebih memilih bekerja sebagai tenaga Program Keluarga Harapan (PKH) pada Kementerian Sosial RI.

Baca: Tiga Peserta Lulus Panwascam Juga Lulus Tenaga PKH di Aceh Tamiang

"Menggantikan tiga posisi mereka, panwaslu melantik tiga nama lain masing-masing Syahrizal menggantikan posisi Surya Jaya, M. Yunus Lana menggantikan posisi Maula Zikri dan Tengku Fauzan Firdaus menggantikan posisi Irwansyah Putra," kata Ketua Panwaslu Aceh Tamiang, Ferry Irawan Nasution menjawab AJNN.

Selain melantik tiga nama posisi pergantian tersebut, kata Fery, panwaslu juga melantik 32 anggota panwascam yang terpilih dengan jumlah keseluruhan yang dilantik dini hari sebanyak 35 panwascam untuk 12 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

Seharusnya, kata Ferry, Panwaslu Aceh Tamiang melantik 36 anggota panwascam yang berlangsung di aula Setdakab setempat. Namun karena satu anggota panwascam terpilih masih berstatus sebagai Sekretaris Mukim di Kampung Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu, maka yang bersangkutan ditunda untuk dilantik.

"Anggota panwascam yang ditunda dilantik hari ini adalah Syahrizal Batubara, yang bersangkutan ‎belum keluar izin pengunduran diri dari jabatan sebagai Sekretaris Mukim," kata Ferry Irawan.

Untuk diketahui, sebanyak 35 anggota panwascam yang dilantik hari ini ditugaskan untuk melakukan pengawas pemilihan umum Kecamatan Se-Kabupaten Aceh Tamiang dalam rangka menghadapi pemilihan umum anggota ‎DPR, DPD dan pemilihan Prisiden serta Wakil Presiden pada tahun 2019 mendatang.

data-ad-format="auto">

Komentar

Loading...