Hasanudin
Unduh Aplikasi

Teuku Rafly Pasya Dicecar KPK Soal Pembelian Rumah Terkait Kasus

Teuku Rafly Pasya Dicecar KPK Soal Pembelian Rumah Terkait Kasus
Teuku Rafly Pasya sebelah kiri. Foto: Detik

JAKARTA - KPK memeriksa Teuku Rafly Pasya sebagai saksi kasus dugaan korupsi pembangunan dermaga Sabang oleh PT Tuah Sejati. Dia dicecar soal pembelian rumah di Kemang Galaxy, Bekasi, Jawa Barat.

"Terkait pemeriksaan saksi Teuku Rafly Pasya untuk tersangka PT TS (Tuah Sejati). Diklarifikasi penyidik terkait kronologis pembelian rumah di Kemang Galaxy," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (14/9/2018).

Menurut Febri, Rafly mengaku membeli rumah itu dari pengembang. Febri menyebut rumah yang dibeli oleh Rafly yang merupakan mantan suami artis Tamara Bleszynski itu sebelumnya telah dibeli oleh PT Tuah Sejati.

"Yang bersangkutan menyampaikan membeli dari pengembang. Kami menduga, aset tersebut sebelumnya telah dibeli oleh PT TS yang jadi tersangka dalam kasus ini," ucapnya.

Baca: KPK Panggil Pengusaha Teuku Rafly Pasya Terkait Proyek Dermaga Sabang

Dalam kasus ini, PT Nindya Karya dan PT Tuah Sejati dijerat KPK sebagai tersangka korporasi terkait kasus korupsi pembangunan dermaga bongkar pada kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Sabang 2006-2011. Kedua korporasi itu diduga diperkaya dalam proyek tersebut dan diduga menyebabkan kerugian negara Rp 313 miliar.

"Diduga terjadi kerugian keuangan negara sekitar Rp 313 miliar," ucap Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, Jumat (13/3).

"Dugaan penyimpangan secara umum yaitu penunjukan langsung, Nindya Sejati Join Operation sejak awal diarahkan sebagai pemenang pelaksana pembangunan, rekayasa dalam penyusunan HPS dan penggelembungan harga, serta adanya kesalahan prosedur," imbuh Syarif.

Syarif menyebut laba yang diterima PT Nindya Karya dan PT Tuah Sejati sebesar Rp 94,58 miliar. Rinciannya, PT Nindya Karya sebesar Rp 44,68 miliar dan PT Tuah Sejati sebesar Rp 49,9 miliar.

Adi Maros
Gratis Bea Balik Nama Non BL - SAMSAT Aceh
Gayo Alas Mountain Int Fest 2018

Komentar

Loading...