Unduh Aplikasi

Terpapar Amonia, Belasan Warga Dilarikan ke Rumah Sakit PIM

Terpapar Amonia, Belasan Warga Dilarikan ke Rumah Sakit PIM
Warga Gampong Tamboh Baroh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara menjalani perawatan di RS PT PIM, Kamis (15/11). Foto:AJNN.NET/Sarina

LHOKSEUMAWE – Belasan warga disekitar lokasi PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) terpaksa dilarikan ke rumah sakit Pupuk Iskandar Muda (PIM) setelah mengeluhkan mual dan pusing, Kamis (15/11).

Mereka diduga mengalami keracunan akibat menghirup senyawa kimia (NH3) berupa gas dengan bau menyengat yang diduga berasal perusahaan disekitar Gampong Tamboh Baroh Kecamatan Dewantara Aceh Utara.

"Kejadiannya sekitar pukul 17.45 WIB. Sekarang sebanyak tujuh orang dewasa dan lima anak kecil berusia dua hingga tujuh tahun masih di rawat di IGD RS PIM,” kata Fakhrul Razi, Pemuda Peduli Lingkungan, kepada AJNN.

Menurut Fakhrul selain mengeluhkan mual dan pusing beberapa warga sempat tumbang karena tak kuat menghirup bau menyengat yang diduga kuat amonia. Fakhrul zat tersebut bersumber dari perusahaan PT PIM yang tak jauh dari tempat tinggal warga.

"Kejadiannya ini terus terulang setiap tahun, dan warga Lingkungan Tambon Baroh serta Tambon Tunong selalu menjadi korban amonia. Untuk konteks kemanusian ini sudah terbilang parah,"kata Fakhrul.

Petugas medis memeriksa kondisi korban. Foto:AJNN.NET/Sarina

Dia mengatakan kondisi tersebut terjadi akibat proses pembuangan amonia yang dilakukan PT PIM tanpa pemberitahuan kepada warga. Fachrul berharap, PT PIM bertanggungjawab atas insiden yang menimpa warga.

"Kita minta PIM bertanggungjawab baik pengobatan maupun lainnya karena ini menyangkut nyawa manusia. Seharusnya setiap amonia yang keluar diberitahukan kepada perangkat desa yang sebenarnya juga desa binaan PIM. Jangan membuang amonia sesuka hati tanpa aturan,” kata Fakhrul.

Hingga berita ini diwartakan, belum ada keterangan resmi yang disampaikan PT PIM. Sementara sejumlah korban masih menjalani perawatan di RSU PIM Aceh Utara. Sejumlahlah warga tampak menemani anggota keluargannya yang menjadi korban.

HUT RI 74 - Pemkab Aceh Jaya
Idul Adha - Bank Aceh
Ubudiyah PMB 2019

Komentar

Loading...