Unduh Aplikasi

Ternyata, Messi Bebas Tinggalkan Barcelona Kapan Saja

Ternyata, Messi Bebas Tinggalkan Barcelona Kapan Saja
Foto: REUTERS/Albert Gea

JAKARTA - Kontrak Lionel Messi dengan Barcelona secara resmi akan habis pada 2021. Akan tetapi, pemain asal Argentina itu rupanya memiliki kebebasan untuk pergi kapan pun dari Blaugrana. Artinya, jika di akhir musim ini pun dia ingin angkat kaki, Barcelona tak kuasa melarang.

Kebebasan Messi untuk pergi kapan saja ini, menurut harian El Pais, memang merupakan salah satu klausul kontrak yang La Pulga pada 2017 silam. Untuk mengaktifkannya, Messi hanya perlu menginformasikan keinginannya untuk pindah pada akhir Mei setiap tahunnya.

Messi bukan satu-satunya pemain Barcelona yang pernah memiliki klausul kontrak seperti itu. Sebelumnya, tiga legenda klub, Carles Puyol, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta, juga diberi kebebasan untuk pergi kapan saja pada masa-masa terakhirnya di Barcelona.

Kabar ini pun rupanya sudah diketahui oleh pemain-pemain Barcelona, termasuk Gerard Pique. Kendati demikian, pemain seangkatan Messi di La Masia itu tidak khawatir rekannya tersebut bakal pergi dalam waktu dekat.

"Aku sudah tahu kalau Messi punya kebebasan untuk pergi secara gratis di akhir setiap musim. Namun, kita semua tahu seperti apa komitmen Leo terhadap Barca dan maka dari itu aku tidak khawatir," kata Pique kepada Cadena Ser.

"Terlepas dari itu, kupikir dia memang punya hak untuk menentukan masa depannya sendiri karena dia sudah memberikan banyak sekali untuk klub," tambah eks pemain Manchester United tersebut.

Messi sendiri sebelum ini sempat mengungkapkan dua opsinya untuk mengakhiri karier. Pertama, dia bisa saja bertahan sampai pensiun di Barcelona. Kedua, pemain 32 tahun itu juga bisa kembali ke Argentina untuk gantung sepatu bersama klub masa kecilnya, Newell's Old Boys.

Belum jelas mana opsi yang bakal diambil Messi. Akan tetapi, Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu pada April lalu menegaskan dirinya ingin Messi pensiun di klub asal Catalunya tersebut. Dia pun sudah berencana untuk membicarakan kontrak baru lagi Messi dan perwakilannya.

Perlu diketahui bahwa dalam kontraknya saat ini, Messi memiliki klausul pelepasan senilai 700 juta euro. Namun, dengan adanya klausul yang membebaskan dirinya untuk pergi di setiap akhir musim, klausul pelepasan itu jadi seperti tidak ada artinya.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...