Unduh Aplikasi

Terlibat Kasus Narkoba, Dua Personil Polres Abdya Dipecat

Terlibat Kasus Narkoba, Dua Personil Polres Abdya Dipecat
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT DAYA - Dua anggota Polres Aceh Barat Daya (Abdya), dijatuhi sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) atau dipecat, karena terlibat kasus penyalahgunaan narkoba.

Kapolres Abdya AKBP Moh Basori SIK, melalui Wakapolres Kompol Ahzan SIK, SH, MSM mengatakan pemecatan dua anggota Polri itu merupakan langkah kongkrit dan komitmen Polri dalam mewujudkan internal yang bebas dari penyalahgunaan narkoba.

“Jadi, ini merupakan langkah kongkrit agar internal Polri, bersih dari penyalahgunaan narkotika,“ ungkap Ahzan kepada AJNN, Rabu (15/5).

Menurutnya, pemberhentian terhadap kedua anggota polisi tersebut dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan urine yang dilakukan secara acak beberapa waktu lalu.

Hasil pemeriksaan urine yang dilakukan, keduanya dinyatakan positif menggunakan narkotika. Bahkan, pemeriksaannya dilakukan sampai dengan dua kali dan hasilnya tetap sama.

Langkah pemberhentian ini diambil, setelah surat pengakhiran dinas yang bersangkutan turun. Sebelumnya, kedua anggota itu juga telah menjalani proses persidangan berdasarkan mekanisme yang diatur dalam peraturan perundang-undangan tentang kepolisian. 

“Setelah diambil beberapa sampel untuk tes urine, maka terjaringlah kedua orang tersebut. Mereka positif menggunakan narkotika,“ ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kedua anggota tersebut bertugas di Mapolres Abdya dengan pangkat terakhir Brigadir Polisi Satu (Briptu). Setelah dilakukan sidang kode etik, keduanya juga sudah tidak lagi masuk dinas.

Upacara PTDH terhadap kedua anggota tersebut direncanakan akan dilakukan setelah bulan puasa. Biasanya yang bersangkutan tidak menghadiri upacara atau in absensia. Terhadap keduanya juga sudah tidak lagi menerima hak-haknya sebagai anggota Polri.

“Untuk itu, kami mengimbau kepada anggota agar tidak ada lagi yang terlibat penyalahgunaan narkotika. Jika sudah terlibat tidak ada ampun, melainkan dikenakan sanksi pemecatan,“ pungkas Kompol Ahzan.

Festival Ramadhan Aceh 2019

Komentar

Loading...