Unduh Aplikasi

Terkait Rohingnya, Pemerintah Aceh Berkoodinasi dengan Pusat

Terkait Rohingnya, Pemerintah Aceh Berkoodinasi dengan Pusat
Kadinsos Aceh, Alhudri. Foto: Fauzul Husni

BANDA ACEH - Sebanyak 20 orang etnis Rohingya asal Myanmar yang sebelumnya singgah di Kuala Idi, sudah dipindahkan ke Kantor Imigrasi Langsa, Selasa (4/12). Mereka dipindah setelah sebelumnya sempat ditampung di Rumah Dinas Lanal Aceh Timur.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri mengatakan pihaknya sudah menyalurkan bantuan makanan kepada pengungsi rohingnya tersebut. Pihaknya juga sudah berkoodinasi dengan Pemerintah Pusat untuk penanganan warga rohingnya itu.

"Sekarang sudah ditangani oleh Kantor Imigrasi Langsa, kami juga terus berkoordinasi dengan pusat terkait penanganan warga rohingnya ini," kata Alhudri kepada wartawan, Rabu (5/11).

Menurut Alhudri, masalah warga asing seperti rohingnya ini perlu adanya campur tangan Pemerintah Pusat. Apalagi, warga rohingnya hampir setiap tahunnya selalu terdampar di Aceh. Bahkan yang sudah ada di Aceh belum ada penanganan akan dibawa kemana.

Baca: Puluhan Imigran Rohingya di Idi Dipindah ke Langsa

"Sudah kami surati semua pihak terkait di pusat untuk masalah penanganan warga rohingnya ini," ujarnya.

Untuk itu, ia berharap dalam waktu dekat ini akan ada tindaklanjut dari Pemerintah Pusat terkait surat yang pernah dikirimkan itu. Sehingga warga rohingnya yang berada di Aceh bisa segera ditangani dengan baik.

"Apalagi di akhir tahun ini, warga Aceh sedang dilanda musibah juga yakni banjir, artinya itu juga perlu perhatian serius. Dua-duanya perlu penanganan serius, sampai hari ini kami juga terus memantau kondisi warga rohingnya itu," ungkapnya.

Komentar

Loading...