Unduh Aplikasi

Terkait Nama Pejabat Baru Eselon III dan IV, Kepala DKP: Saya Tidak Tahu

Terkait Nama Pejabat Baru Eselon III dan IV, Kepala DKP: Saya Tidak Tahu
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Cut Yusminar. Foto: Facebook

BANDA ACEH - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Cut Yusminar mengaku tidak tahu terkait beredar nama-nama pejabat baru eselon III dan IV di bawah dinas yang dipimpinnya itu.

Sebelumnya, beredar dokumen 32 nama pejabat baru eselon III dan IV di bawah DKP Aceh. Bahkan nama-nama pejabat lama yang bakal diganti juga tertera dalam dokumen tersebut.

Padahal, Irwandi Yusuf, Gubernur Aceh non aktif baru sebulan lebih ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi, namun nama-nama pejabat baru itu sudah beredar.

“Saya tidak tahu,” kata Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh Cut Yusminar kepada AJNN, Senin (6/8).

Selain itu, Cut Yusminar juga mengatakan bahwa dalam dokumen yang beredar tersebut belum ada tanda tangannya.

“Kan saya belum bubuhkan tanda tangan,” kata Cut.

Baca: Beredar Daftar Nama Pejabat Baru Eselon III dan IV di DKP Aceh

Sebelumnya, Direktur Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pusat Analisis Kajian dan Advokasi Rakyat (PAKAR) Aceh, Muhammad Khaidir mengatakan pergantian pejabat eselon III dan IV adalah keniscayaan, namun harusnya dilakukan secara terbuka dan berbasis kinerja oleh Badan pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

"Harusnya pergantian pejabat itu dilakukan secara terbuka, bukan secara diam. Pejabat eselon II saja dilakukan seleksi terbuka, kenapa seleksi pejabat eselon III dan IV tidak dilakukan demikian, ada apa ini," kata Muhammad Khaidir.

Pergantian pejabat tersebut tidak boleh didasari titipan atau keinginan tim sukses serta titipan elit Pemerintah Aceh. Pasalnya jabatan eselon III dan IV adalah jabatan teknis yang harus diisi oleh orang-orang yang betul memahami permasalahan teknis terkait tupoksi SKPA masing-masing, guna menjawab dan menjabarkan visi-misi Aceh Hebat.

“Oleh karenanya, sosok pejabat eselon III dan IV haruslah orang-orang yang memiliki keilmuan atau kompetensi yang sesuai dengan jabatan yang akan didudukinya,” kata Khaidir.

Sumber AJNN menyebutkan, daftar nama-nama pejabat eselon III dan IV tersebut juga sudah berada di ruangan Sekda Aceh. Artinya nama-nama yang sudah ada itu tinggal menunggu jadwal pelantikan saja.

Komentar

Loading...