Unduh Aplikasi

Terkait Jumlah Caleg di Aceh, Ketua KPU Dinyatakan Langgar Kode etik

Terkait Jumlah Caleg di Aceh, Ketua KPU Dinyatakan Langgar Kode etik
Logo KPU: Photo: Ist

BANDA ACEH - Majelis Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), menyatakan Ketua KPU RI Arief Budiman melanggar kode etik penyelenggara pemilu. Peryataan tersebut dibacakan Majelis DKPP dalam sidang pembacaan putusan, Rabu (2/1/2019).

Baca: Besok, DKPP Putuskan Pengaduan Jumlah Caleg di Aceh  

Dalam sidang Majelis DKPP menyatakan tindakan Ketua KPU RI Arief Budiman yang menerbitkan dua surat berbeda terkait jumlah calon anggota legislatief di Aceh pada Pemilu tahun 2019, sebagai sikap yang tidak konsisten. Tindakan tersebut dapat menimbulkan ketidakpastian hukum.

Atas tindakan tersebut, DKPP menjatuhkan sanksi berupa peringatan kepada Ketua KPU. Sementara itu Imran Mahfudi, selaku pengadu dalam perkara tersebut, menyatakan akan mempelajari dasar dan argumentasi KIP Aceh dalam menetapkan jumlah Caleg 120 persen untuk Partai Lokal.

Baca: Ketua KPU Dilaporkan ke DKPP

" Kami akan pelajari lebih lanjut, dasar dan argumentasi KIP Aceh dalam menetapkan jumlah Caleg 120 persen untuk Parlok, dan tidak menutup kemungkinan juga melaporkan KIP Aceh ke DKPP jika memang ada indikasi pelanggaran kode etik. Ini sesuai putusan DKPP terhadap Ketua KPU, sehingga dasar kuota yang ditetapkan KIP kita pertanyakan," ujar Imran Mahfudi.

Imran mengatakan dalam permohonannya juga meminta agar DKPP memerintahkan koreksi kepada KPU terkait dengan jumlah caleg di Aceh. Hal itu kata dia, agar jumlah Caleg antara Partai Nasional dengan Partai Lokal jumlahnya sama.

"Tapi permintaan tersebut tidak dikabulkan DKPP," kata Imran.

Imran Mahfudi melaporkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman ke DKPP terkait surat kuota caleg sebanyak 120 persen dari jumlah kursi bagi Partai Lokal yang dikirim KPU kepada DPRA. Surat tersebut dinilai menimbulkan ketidakadilan karena akibat surat tersebut, KIP Aceh memberlakukan jumlah caleg 120 persen untuk Partai Lokal.

 

 

Pemberitahuan Mulai Tender/Seleksi Sekda Aceh

Komentar

Loading...