Unduh Aplikasi

Tergantung Ayah Merin

Tergantung Ayah Merin
Ilustrasi: freepik

IRWANDI Yusuf hanya bisa menarik napas dalam-dalam. Upayanya untuk melawan vonis bersalah yang diberikan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kandas. Vonis tujuh tahun yang dijatuhkan pengadilan tingkat pertama itu malah bertambah menjadi delapan tahun penjara di Pengadilan Tinggi Jakarta.

Pengadilan Tinggi juga mencabut hak politik Irwandi selama 5 tahun. Ini adalah “buah” tindak pidana korupsi menerima suap bersama-sama dengan Ahmadi, Bupati Bener Meriah. Irwandi diputuskan bersalah karena menerima uang untuk menyetujui program pembangunan yang berasal dari Dana Otonomi Khusus Aceh tahun 2018.

Besar kemungkinan Irwandi akan mendapatkan hukuman lebih berat atas tuduhan lain. Yakni gratifikasi yang nilainya jauh lebih besar. Dugaan kejahatan ini dilakukannya bersama Izil Azhar alias Ayah Merin. Sayang pria ini tak pernah datang ke penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi untuk memberikan keterangan. Demikian juga selama proses persidangan terhadap Irwandi.

Keterangan Ayah Merin adalah kunci bagi pengungkapan kasus dugaan korupsi tersebut. Bahkan komisi antirasuah menetapkan Ayah Merin sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penerimaan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya bersama-sama Irwandi yang bertugas sebagai gubernur periode 2007-2012.

Andai saja Ayah Merin memberikan keterangan, akan ada banyak nama yang terseret-seret dalam masalah ini. Tidak hanya Irwandi, seperti yang dituduhkan KPK. Beberapa orang penting di Aceh disinyalir bakal terseret pusaran korupsi usai perdamaian di Aceh itu.

KPK sendiri telah menetapkan status buron terhadap Ayah Merin. Hal ini lantas ditindaklanjuti oleh kepolisian dengan memasukkan Ayah Merin ke daftar pencairan orang. Bahkan Kepala Kepolisian Daerah Aceh Inspektur Jenderal Rio Septiadi Djambak, akhir tahun lalu, berjanji akan membantu KPK menangkap Ayah Merin.

Dengan kualitas intelijen yang dimiliki kepolisian dan kerja sama mereka dengan kepolisian di sejumlah negara, harusnya melacak Ayah Merin bukan perkara sulit. Namun mengingat keberadaan Ayah Merin menentukan nasib orang-orang penting di Aceh, banyak cara akan diupayakan agar Ayah Merin tak pernah datang ke penyidik KPK.

Tentu tak sopan jika kita berandai-andai. Apalagi ini menyangkut nasib orang lain. Namun kita juga tidak boleh berputus asa dan mari terus berharap agar penegak hukum bekerja lebih optimal. Sepanjang polisi mencari, tentu akan ada jejak yang tertinggal untuk mengungkap keberadaan Ayah Merin.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...