Unduh Aplikasi
WTP Pemerintah Aceh 2019

Tekan Angka Stunting, Dinkes Aceh Barat Berencana Gandeng DPMG

Tekan Angka Stunting, Dinkes Aceh Barat Berencana Gandeng DPMG
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT - Dinas Kesehatan Aceh Barat berencana menggandeng Dinas Pemberdayaam Masyarakat Dan Gampong (DPMG) setempat guna mencegah stunting bagi bayi dan balita di kabupaten tersebut. Hal itu disampaikan Kepala Dinkes Aceh Barat, Teuku Ridwan.

Menurut Ridwan, pentingnya menggandeng DPMG dalam upaya mencegah dan menekan angka stunting bagi warga kabupaten berjuluk Bumi Teuku Umar tersebut lantaran DPMG selama ini bertugas mendampingi program atau kegiatan yang dilaksanakan desa.

Baca: Tahun 2018, Sebanyak 194 Warga Aceh Barat Alami Stunting

"Kita coba jalin kerjasama dengan desa juga selain program yang sudah kita laksanakan di dinas. Kita sempat koordinasi dengan DPMG katanya selama ini memang di desa ada program PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dari Posyandu," kata Ridwan, kepada AJNN, Rabu, (13/3).

Dengan adanya kerjasama nantinya, kata dia, dinas dapat berperan dalam sosialisasi secara masif di tingkat desa termasuk dalam memberikan saran menu dalam kegiatan PMT.

Kata dia, dengan sosialisasi ini nantinya, selain mencegah stunting juga dapat mencegah terjadinya gizi kurang dan juga gizi buruk, lantaran lewat kerjasama tersebut dapat mendorong alokasi dana desa untuk program kesehatan.

Ridwan menambahkan pihaknya akan mengoptimalkan petugas medis terutama bidan desa di wilayah Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas, dan Pustu dan layanan kesehatan yang ada di desa melakukan sosialisasi pemberian makanan sehat bagi masyarakat terutama bagi ibu hamil, dan balita.

Eliminasi Malaria

Komentar

Loading...