Unduh Aplikasi

Tapal Batas Tidak Jelas, Aceh Jaya Diduga Serobot Lahan Aceh Barat

Tapal Batas Tidak Jelas, Aceh Jaya Diduga Serobot Lahan Aceh Barat
Warga Seuneubok Teungoh Aceh Barat, mendapati beko milik warga Lueng Gayo, Aceh Jaya diduga berada di kawasan Seuneubok Teungoh. Foto: Ist

ACEH BARAT - Warga Desa Seuneubok Teungoh, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat, meminta pemerintah kabupaten setempat segera menyelesaikan konflik tapal batas antara kabupaten tersebut dengan Kabupaten Aceh Jaya. Pasalnya warga menduga masyarakat Lueng Gayo menerobos tapal batas Kabupaten Aceh Barat.

Kepala Desa Seuneubok Teungoh, Arifin mengatakan, saat ini diduga wilayah Seuneubok Teungoh yang merupakan kawasan Aceh Barat dan berbatas dengan Luen Gayo, Aceh Jaya sudah diserobot oleh masyarakat Lueng Gayo.

"Ada 25 hektare lahan di daerah kami yang dirambah oleh masyarakat disana. Saya tidak tahu apa itu melibatkan pemerintah Desa Lueng Gayo, Aceh Jaya apa tidak, yang jelas habis dengan kebun warga kami dirusak," kata Arifin.

Menurut Arifin, dalam penyerobotan kawasan itu, warga Lueng Gayo menggunakan beko dalam membersihkan lahan yang diklaim jadi wilayah mereka. Untuk mencegah aksi itu, ia bersama warga desanya langsung menuju ke wilayah yang diserobot tersebut untuk mengusir para warga Desa Lueng Gayo, namun saat berada di lokasi tidak ada warga di lokasi tersebut selain hanya menemukan beko milik warga disana.

"Jika ini dibiarkan berlarut-larut nantinya akan terjadi konflik, apalagi sudah nyata lahan desa kami yang diserobot. Warga sudah sangat marah, bahkan kemarin berbekal parang mereka ke lokasi yang diduga sudah diserobot," ungkap Arifin.

Atas dasar itu, kata dia, maka pemkab setempat jangan hanya berdiam diri, namun serius menyelesaikan persoalan tapal batas tersebut, sehingga konflik horizontal tidak terjadi kedepannya.

Komentar

Loading...