Unduh Aplikasi

Tak Terima Pelantikan Pj Keuchik Sunaloh, Warga Segel Kantor Desa

Tak Terima Pelantikan Pj Keuchik Sunaloh, Warga Segel Kantor Desa
Warga segel kantor Desa Seunaloh, Foto: Ist

ACEH BARAT DAYA - Puluhan warga Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyegel kantor desa setempat, Rabu (24/7).

Warga menyegel pintu masuk kantor desa menggunakan beberapa kayu yang dipasang melintang. Penyegelan itu merupakan bentuk protes masyarakat terkait pelantikan Pj Keuchik Desa Seunaloh.

Menurut keterangan warga setempat, Ismail mengatakan awalnya masyarakat mengusulkan tiga nama untuk diusulkan sebagai Pj Keuchik, yakni Bustami, Hasman dan Juliman alias Ubat.

"Tapi yang dilantik malah Muhammad Isa, Pj keuchik yang telah berakhir masa jabatanya," kata Ismail kepada AJNN, Kamis (25/7).

Dikonfirmasi terpisah, Camat Blangpidie, Krisnur membenarkan bahwa penyegelan kantor desa tersebut, merupakan bentuk protes terhadap pelantikan Muhammad Isa sebagai Pj Keuchik Seunaloh, yang dilakukan pada Selasa (23/7) lalu oleh Asisten Pemerintahan.

"Masyarakat tidak menerima pelantikan Pj keuchik yang telah dilakukan," ujar Krisnur.

Menurutnya, pelantikan Muhammad Isa telah sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Ia menjelaskan, sebelumnya perangkat desa melalui Tuha Peut mengusulkan empat orang nama, yaitu, Bustami, Hasman, Juliman dan Muhammad Isa.

Usulan nama-nama tersebut juga merupakan hasil keputusan dalam rapat yang digelar oleh perangkat desa serta masyarakat Desa Seunaloh beberapa waktu lalu. Berdasarkan berita acara terkait usulan tersebut, pihaknya meneruskan ke bagian pemerintahan di Setdakab Abdya.

"Kami hanya melanjutkan ke bagian pemerintahan. Nah, terkait penetapannya merupakan hak preogatif Bupati," ungkap Krisnur.

Krisnur juga menyayangkan tindakan penyegelan kantor desa yang dilakukan oleh warga. Tindakan itu tentu saja menghambat proses administrasi yang berlangsung di Pemerintahan Desa.

Ia meminta kepada sebagian masyarakat yang menyegel kantor, untuk mencari penyelesaian yang solutif tanpa merugikan orang lain. Ia juga memastikan segel tersebut dibuka hari ini dan kegiatan di kantor desa dapat berjalan normal kembali.

"Jika disegel, maka masyarakat umum yang dirugikan. Karena terhambatnya proses administrasi di desa," tutupnya.

 

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin

Komentar

Loading...